Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Tube Preamp

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next
AuthorMessage
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Tube Preamp   Thu Aug 13, 2009 12:40 pm

First topic message reminder :

yuk kita split dan bagian Tube Power Amplifier, mudah-mudahan ada yang kasih pencerahan..
terutama sistem yang membedakan antara preamp tube dan power amp tube...
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/

AuthorMessage
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Tube Preamp   Sun Dec 27, 2009 10:31 pm

saya pakai 12AX7 Smile suaranya paham deh tabung, berotot dan berkumis tapi hati romantis...
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
yoko_pratama
Udah bintang 3 lho


Male Jumlah posting : 264
Join date : 2009-12-11
Lokasi : semarang

PostSubject: Re: Tube Preamp   Sun Dec 27, 2009 10:46 pm

indra_co_maniz wrote:
saya pakai 12AX7 Smile suaranya paham deh tabung, berotot dan berkumis tapi hati romantis...
setuju .........
Back to top Go down
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Mon Dec 28, 2009 8:11 pm

om haris, beda untuk tube 12ax7 dan 12au7 werstan yang manayah?
gambarnya atas bawah sama :|
kalau pengan input balance bisa ga?
Back to top Go down
eudea
Solfers Sejati


Male Jumlah posting : 1179
Join date : 2009-09-26
Age : 35
Lokasi : Jogjakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Mon Dec 28, 2009 8:54 pm

indra_co_maniz wrote:
saya pakai 12AX7 Smile suaranya paham deh tabung, berotot dan berkumis tapi hati romantis...
oknum pemakainya sudah berkumis, eh sudah bersaksi... hihihihi. 12AX7 tabungnya mas. kayaknya tabung sejuta umat ya ?
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Tube Preamp   Mon Dec 28, 2009 10:55 pm

Quote :
kalau pengan input balance bisa ga?

bisa tambah rangkaian lagi Smile

Quote :
kayaknya tabung sejuta umat ya ?

sejuta umat tapi bukan ditoko elektronik yg jual bohlam dan kabel antene TV Razz
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Mon Dec 28, 2009 11:52 pm

hehe.. si alpha tube pengen temen, tapi postingan yang ada baru unbalance.
nunggu dulu ahhh... confused
beda untuk 12au7 dan 1`2ax7 apayah?? :bounce:
Back to top Go down
gwendy
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 3023
Join date : 2009-06-28
Age : 44
Lokasi : Rantepao Tator Sulawesi Selatan

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 9:58 am

Quote :
om haris, beda untuk tube 12ax7 dan 12au7 werstan yang manayah?
gambarnya atas bawah sama Neutral
kalau pengan input balance bisa ga?

klu mo liat skema 12 AU7 liat klik http://www.shine7.com/audio/12au7_pre.htm
disana saya ambil yang 12 AX7
Back to top Go down
haris
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 536
Join date : 2009-05-20
Age : 52
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 10:42 am

@bjO maaf ga koreksi lagi saya he he he dah di ganti gambarnya. . . .
link sama dengan yang di post @gwendy Damai
Back to top Go down
William Sudiyono
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 44
Join date : 2009-12-27
Age : 28
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 12:42 pm

@bjo:Hmmm gain 12AX7 lebih gede drpada 12AU7,setau saya...

@gwendy& HAris :mas yang 12AX7ny udah jadi blom???jalan gk si?kok punya saya gk jalan.troubleshoot mulu mpe saya korek2 solder ulang smw wkwkwk gk mw nyanyi juga....padahal klo saya pake tubenya di preamp 1lagi jalan dengan mulus.dugaan pertama saya rangkaiannya ada yang kurang ato gk rangkaian saya yg salah(tp udah saya cek low)
Back to top Go down
http://williamaudioworkshop.blogspot.com
William Sudiyono
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 44
Join date : 2009-12-27
Age : 28
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 12:52 pm

Ini rangkaian saya:
[url=]Tube 12AX7[/url]
Back to top Go down
http://williamaudioworkshop.blogspot.com
yoyomanalagi
Makin betah


Male Jumlah posting : 179
Join date : 2009-10-26
Lokasi : antara Bogor dan Medan

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 1:05 pm

Mantap mantaf2 nih karya tabungnya Ampun Ampun
Back to top Go down
William Sudiyono
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 44
Join date : 2009-12-27
Age : 28
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 1:27 pm

Sori baru belajar upload futu ni jadi berantakan hahahahaaha.maafkan saya mas momod hohoh, saya ulang ya:
Tube 12AX7 PCB

Gk pake PCB punya saya,saya wiring point to point,hoho.PCB itu cuma buat atur posisinya aja biar rapih,kalo PCBnya dibalik semua kaki komponennya nyambung satu sama lain.hoho.12AX7nya yang ditengah(diCover ma acrilik biar aman dr pembantu klo lap2).

Ini Close Up tabung dan Soketnya

Tabung pake 12AX7 dari Electro Harmonic(tapi blom gold pin)hohoho.


Close Up Tube 2

Close Up PCB:
Close Up PCB

Close Up PCB 2

Close Up PCB dan Tabung

Input kapsitor masi Solen rencana,kalau memang jalan resistor mw digusur smw haha ganti yg lbh ok,ma Solen ganti PIO,tp gk jalan-jalan jadi nganggur de d rmh....

Bagian Belakang Preamplifier

Bagian sayap kanannya kosong karena sebetulnya Preamp ini mau gandengan ma DAC DIY saya pake TDA tapi karena preampnya aja gk jalan jd mogok de huahuahua.Mohon bantuannya para suhu.......
Back to top Go down
http://williamaudioworkshop.blogspot.com
William Sudiyono
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 44
Join date : 2009-12-27
Age : 28
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 1:50 pm

Ow ya saya mau berbagi sedikit mungkin Solfer2 yang mau bermain di tube.hohoho pas saya smp pernah buat miniatur tube.modalnya lumayan si tp gk sampe 500rb,500rb itu aja tubenya udah PIO....ini futu-futunya:
Close Up 1

Resistor masi standard smw,PCB beli di Bel* Audio,tp itu udah 5tahun yang lalu gk tau de masi ada apa gk, kapasitor PIO,tegangannya masi RENDAH banget CUMA 180v(kalo dibayangin maen atbung 12AX7 ya rendah bgt).heater 6,2v.

Close Up dari atas

Semua kabel kasi EMI shield pake aluminium Foil(tube sensitif)



Tube JAN6111(philips) Tube masi pake JAN6111 Phillips. Beh jangan ditanya kalo JAN noise desisnya gk tahan wkwkwkwwkwkwk.wah parah bgt noisenya... Rolling Eyes

Ini perbandingan antara 12AX7 ma 6111 Dance

Rada kecil tabungnya tingginya cum3/4 dari 12AX7
12AX7
Laughing

Kalau menurut saya si para solfer yang pengen coba-coba bisa banyak si bisa salah satunya pake tube ini,tegangan lebih rendah dan lebih sederhana...tubenya kalo gk salah sekarag 175rb-200rb.Overall klo jadi gk sampe 500rb
Back to top Go down
http://williamaudioworkshop.blogspot.com
William Sudiyono
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 44
Join date : 2009-12-27
Age : 28
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 2:03 pm

6111 showtime:
6111 showtime6111 showtime closer
Back to top Go down
http://williamaudioworkshop.blogspot.com
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 2:27 pm

Quote :
Kalau menurut saya si para solfer yang pengen coba-coba bisa banyak si bisa salah satunya pake tube ini,tegangan lebih rendah dan lebih sederhana...tubenya kalo gk salah sekarag 175rb-200rb.Overall klo jadi gk sampe 500rb

seberapa rendah ?
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
William Sudiyono
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 44
Join date : 2009-12-27
Age : 28
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 2:31 pm

180Vmas indra.....drpada 12AX7 hohoho 260v-300v.tp aya pernah baca jg di situs tulisan mandarin2 gtw mereka mendrive tabung yang sama 6111 sebagai amplifier hedaphone pake baterai kotak 9v.hmmm sepertinya itu bakal lebih aman tuh...hohohoho,tp saya sendiri kurang tau bagaimana performanya... belum tertarik untuk mencoba...coba saya cari linknya apa masi ada...
Back to top Go down
http://williamaudioworkshop.blogspot.com
gwendy
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 3023
Join date : 2009-06-28
Age : 44
Lokasi : Rantepao Tator Sulawesi Selatan

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 3:13 pm

Quote :
@gwendy& HAris :mas yang 12AX7ny udah jadi blom???jalan gk si?kok punya saya gk jalan.troubleshoot mulu mpe saya korek2 solder ulang smw wkwkwk gk mw nyanyi juga....padahal klo saya pake tubenya di preamp 1lagi jalan dengan mulus.dugaan pertama saya rangkaiannya ada yang kurang ato gk rangkaian saya yg salah(tp udah saya cek low)
pre amp saya masih tahap penyempurnaan boks dan lagi nyari plat tembaga untuk chasisnya, coba periksa lagi komponen terutama kopling mungkin sdh gak benar atau bias masing masing elektroda ada yang salah coba diukur sesuaikan dengan data yang ada di skema.
Back to top Go down
William Sudiyono
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 44
Join date : 2009-12-27
Age : 28
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 3:15 pm

thx mas gwendy nice infoooo saya coba troubleshoot metal
Back to top Go down
http://williamaudioworkshop.blogspot.com
William Sudiyono
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 44
Join date : 2009-12-27
Age : 28
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Tube Preamp   Tue Dec 29, 2009 3:19 pm

Mas Gwendy dan solfer2 sekalian ini ada 12AX7 juga yang pantas untuk dicoba:

Link:
http://diyaudioprojects.com/Tubes/12AX7_Preamp/

sudah pernah buat suaranya ok low....tp supply ganti yang trafo ya jangan ikutin disana pake switching,tar noise....
Back to top Go down
http://williamaudioworkshop.blogspot.com
gwendy
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 3023
Join date : 2009-06-28
Age : 44
Lokasi : Rantepao Tator Sulawesi Selatan

PostSubject: Re: Tube Preamp   Wed Dec 30, 2009 7:27 am

skema itu sdh lama sy dapat tapi sy kurang suka dengan 2 step gain say lebih mili skema shine dengan alasan tube out sebagai buffer ( single stage gain ). apalagi klu mau dipasang dengan power amp solid state kayak GC.
thanks infonya. Ampun
Back to top Go down
Sponsored content




PostSubject: Re: Tube Preamp   Today at 9:41 pm

Back to top Go down
 
Tube Preamp
View previous topic View next topic Back to top 
Page 5 of 7Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Home Audio-
Jump to: