Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Subwoofer dan powernya

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6
AuthorMessage
zonda_jay
Anggota Baru


Jumlah posting : 9
Join date : 2009-09-27

PostSubject: Subwoofer dan powernya   Sun Sep 27, 2009 10:25 am

First topic message reminder :

Hallo mas indra
maaf niy mungkin ini pertanyaan pertama saya
saya baca dari beberapa millis kayaknya mas indra pakar banget masalah soudsystem.

gini mas indra, saya amatiran yang mencoba merakit power untuk rumahan untuk di dalam rumah. untuk ampli speaker saya rasa cukup lah dan suaranya juga lumayan. tapi untuk subwoofernya kok saya gagal terus. saya beli kit rakitan untuk jadi power subwoofernya. salahnya saya, saya beli duluan subwoofernya baru beli powernya. subwoofer yang saya beli merek prestige 8 inch dual coil, impedansi 2/4/8 ohm, max power 100 watt (gambarnya saya attachkan). memang kecil soalnya untuk dalam rumah. nah untuk powernya saya beli isabel sx 530 w subwofer tr sanken. icnya sk 2sa1216 4rh/7 (jujur saya ngak terlalu ngerti apa itu) gambarnya juga saya attachkan.

saya pake trafo 5 A di 25 V. tapi ketika dicoba kayaknya benar2 ngak cocok. suara dari subwoofer kayak meledak2 mau jebol (menghentak-hentak) sudah saya coba kabel di subwoofernya di pararel dan seri tapi tetap saja seperti itu. nah saya fikir mungkin memang tidak cocok antara subwoofer dan powernya. yang pasti powernya mungkin kebesaran ya mas indra?

nah supaya tidak mubazir saya ingin salah satu dari barang ini terpakai entah subwoofernya atau powernya. kira2 dari segi biyaya, mana yang sebaiknya saya ganti apakah powernya atau subwoofernya?

1. jika subwoofernya yang saya ganti kira2 saran mas indra saya harus membeli subwoofer yang bagaimana supaya cocok dengan power ini? tapi memang saya menginginkan subwoofer yang 8 inch. kemarin saya sempat keliling2 dan menemukan subwoofer 8 inch dengan impedansi 8 ohm max power 100 w. apakah ini cocok? saya belum beli karana harganya juga lumayan dua kali lipat dari subwoofer yang saya punya sekarang. kira2 subwoofer yang bagaimana ya yang cocok?

2. jika powernya yang saya ganti kira2 saran mas indra saya harus memilih power yang bagaimana yang cocok dengan subwoofer yang saya sudah punya? saya sempat membeli rangkain lain (saran pedagangnya) itu mereknya isabel type se-095 bazooka (gambarnya saya attachkan juga ya) tapi seperti tertipu 2 kali ternyata tetap tidak cocok meskipun dengan hentakan yang lebih kecil dibandingkan dari rangkaian sanken awal. untuk yang bazooka ini memang jika volumenya sangat kecil, keluar sedikit suara bassnya tapi hampir tidak terdengar. dan saya besarkan sedikit eh malah bergemuruh dan menghentak-hentak. ya kira2 saran mas indra bagaimana agar barang yang saya sudah punya tidak mubazir.

terimakasih sebelumnya
semoga kebaikan mas indra bisa terbalas amiin
gunawan



.


Last edited by indra_co_maniz on Mon Sep 28, 2009 1:56 pm; edited 5 times in total (Reason for editing : perbaikan EYD dan gambar)
Back to top Go down

AuthorMessage
andi
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 670
Join date : 2009-12-30
Age : 29
Lokasi : madiun

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Sat Mar 06, 2010 1:44 pm

nah lo, di jakarta kan banyak mas...
di harco glodok kan juga banyak...
Back to top Go down
fauzip
Makin betah


Male Jumlah posting : 102
Join date : 2010-02-19

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Tue Mar 09, 2010 1:10 pm

yufrianaimam wrote:

kalo subwoofer biasanya mempunyai resonansi frequency yang very low (sampai 30 hz), speed yang cepat dan staging yang bagus.

mas, bukannya staging itu masalah bayangan stereo dan panjang gelombang freq subwoofer itu terlalu panjang (80 hz = 4.3 meter) sehingga telinga tidak bisa membedakan ini tendangan dari sub kanan ato kiri??? makanya biasanya subwoofer itu dipekerjakan mono. karena percuma kalo stereo, ngabisin channel LMS, audience tidak merasakannya. lagian sumber suara sub yg dominan (bass gitar, kickdrum) = mono.

yufrianaimam wrote:

@gwendy : kalo untuk outdoor cocok juga , tergantung tuning di frequency mana, kalo 30 hz di outdoor ya ga terasa karena freq ini butuh resonansi pantulan dari sekitar, kalo outdoor biasanya dituning di 100hz . .
yok-i...tuning 30 hz hanya cocok untuk home theater / ruangan. untuk lapangan belum ada driver yang mampu karena keterbatasan xmax. outdoor live bisa tuning 40 hz untuk trance/dubstep/elektronik. untuk pop rock metal 80 hz dominan (kick)

yufrianaimam wrote:
saya pernah lihat kompetisi audio mobil dengan box bandpass terasa banget menggelegarnya, padahal dia di outdoor , pass saya tanya powernya 1200W rms. wah gede banget ya powernya.
wajar mas. driver jaman sekarang umumnya mampu rating 2000w rms kontinyu. b&c, beyma, 18sound, ciare..cuman harganya ya bikin ngelus dada hikssss
Back to top Go down
gwendy
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 3023
Join date : 2009-06-28
Age : 44
Lokasi : Rantepao Tator Sulawesi Selatan

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Tue Mar 09, 2010 1:23 pm

Quote :
@gwendy : kalo untuk outdoor cocok juga , tergantung tuning di frequency mana, kalo 30 hz di outdoor ya ga terasa karena freq ini butuh resonansi pantulan dari sekitar, kalo outdoor biasanya dituning di 100hz . mengenai terasa ato tidaknya tergantung dari berapa watt subwoofer+power yg kita pakai.
memang bisa tapi bandpass boks kurang punch klu menurut saya, dan butuh driver yang punya Vas rendah dikarenakan desain ruang kedapnya yang kecil.
hentakan kick drum tidak akan sebaik dengan boks vented biasa. Smile
Back to top Go down
febry
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 62
Join date : 2009-11-08
Age : 32
Lokasi : Manado

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Tue Mar 09, 2010 7:10 pm

Numpang nanya kepada solfer semua. . .apakah speaker woofer biasa bisa dipake untuk drive subwoofer? Skalian aja saya minta referensi dari solfer semua untuk subwoofer rumahan cocoknya pake LS apa yach? Rencananya saya mau pake LS 12". Terima kasih sebelumnya.
Back to top Go down
gwendy
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 3023
Join date : 2009-06-28
Age : 44
Lokasi : Rantepao Tator Sulawesi Selatan

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Tue Mar 09, 2010 7:56 pm

Quote :
apakah speaker woofer biasa bisa dipake untuk drive subwoofer?
sudah pernah dipost, silahkan dicari saja. Smile
Back to top Go down
sue
Solfers Sejati


Jumlah posting : 1159
Join date : 2009-07-24
Age : 29
Lokasi : Cilacap / Bandung

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Tue Mar 09, 2010 9:12 pm

fauzip wrote:

bukannya staging itu masalah bayangan stereo dan panjang gelombang freq subwoofer itu terlalu panjang (80 hz = 4.3 meter) sehingga telinga tidak bisa membedakan ini tendangan dari sub kanan ato kiri??? makanya biasanya subwoofer itu dipekerjakan mono. karena percuma kalo stereo, ngabisin channel LMS, audience tidak merasakannya. lagian sumber suara sub yg dominan (bass gitar, kickdrum) = mono.
Mungkin juga bukan karena masalah staging, tapi untuk mendapatkan rasio daya yang sama dengan mid dan high. kalau dibuat mono berarti perlu daya 2x lipat untuk menghasilkan level daya yang sama dengan yang sebelumnya.

dah ada yang nyoba Linkwitz Transform Circuit lom? kalau bagus pengen nyoba juga nih...
Back to top Go down
YUDHA BCS
Solfers Sejati


Male Jumlah posting : 1279
Join date : 2010-03-26
Age : 27
Lokasi : TRENGGALEK,JATIM

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Mon Apr 12, 2010 10:05 pm

iyoa mz indra,Q kemarin pengene sih aplot foto subwofer 6" 2bji.tpi belum juga ketemu caranya.subwower Q dirumah untuk experimen suaranya juga agak jauh dari yang Q harepin.padahal udah Q tambahi turbo bass.tolong nanti lok sukses Q kepingin buat yang 18" pakek crossofer yang mendingan.karena kemarin beli rakitan menunya kurang lengkap. Mantap
Back to top Go down
http://kidutbcs@yahoo.co.id
Tuby@Jepara
Udah bintang 3 lho


Male Jumlah posting : 264
Join date : 2010-01-31
Age : 34
Lokasi : Jepara Jawa Tengah

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Tue Apr 13, 2010 8:45 am

indra_co_maniz wrote:


saya lebih suka beli kit kosong, karena bisa pilih komponen yang memenuhi selera kantong dan juga memenuhi selera telinga, biasanya sih yg ada kitnya sudah terisi malah 2 kali kerja Laughing
beli kit kosong = PCB_nya ya mas?
Iya, Saya juga sering 2 kali kerja utk ganti komponen yang tidak standar alias yang nempel pd kitnya itu komponen abal2 bahkan dibawah standar, ini mungkin juga dari produsen utk memasarkan produk2 abal2 tersebut lewat kit otomatis laku dech apalagi kalo didaerah tertentu yang tidak jual PCB doang, He,....he,..... Sad
Back to top Go down
Kholis
Anggota Baru


Male Jumlah posting : 18
Join date : 2010-03-19
Age : 35
Lokasi : Karangpilang_Mg

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Tue Apr 13, 2010 10:57 am

memang kalua asli dijamin dech
Back to top Go down
YUDHA BCS
Solfers Sejati


Male Jumlah posting : 1279
Join date : 2010-03-26
Age : 27
Lokasi : TRENGGALEK,JATIM

PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Thu Apr 15, 2010 2:13 pm

ikutan ndengerin dulu ae>>> Very Happy
Back to top Go down
http://kidutbcs@yahoo.co.id
Sponsored content




PostSubject: Re: Subwoofer dan powernya   Today at 4:17 am

Back to top Go down
 
Subwoofer dan powernya
View previous topic View next topic Back to top 
Page 6 of 6Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Loudspeaker-
Jump to: