Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Istilah-2 dalam spec speaker

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
AuthorMessage
Tewel
Makin betah


Male Jumlah posting : 218
Join date : 2009-07-31
Age : 41
Lokasi : Bekasi

PostSubject: Istilah-2 dalam spec speaker   Thu Oct 15, 2009 4:20 pm

First topic message reminder :

Tolong mas Moderator, dijelasin istilah2 pada spesifikasi speaker terutama pada produk dlam negeri sebagai contoh bedah.
Maksih...(maaf kalo udah pernah dibahas).
Back to top Go down

AuthorMessage
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 2:32 pm

Quote :
Jika pengen upgrade perangkat, dengan menggunakan 2 speaker, penambahanya berapa. (kalau ada mohon perhitunganya).
Jadi nantinya bisa efektif pilih ganti speaker dengan dB lebih tinggi atau cukup menambah speaker yang ada.

sudah pernah baca grafik fletcher munson belum mas bejo ?
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 2:41 pm

tanggap frekwensi telinga manusia itu yah, yang tidak datar??
aku cari dulu dech.


Last edited by bjO on Wed Dec 09, 2009 3:11 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
Nurus S
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 510
Join date : 2009-10-30
Age : 41
Lokasi : ponorogo- jawa timur

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 2:58 pm

kita bahas disini apa dibagian vanguard yah masalah superposisi dan titik pusat akustik ?
Back to top Go down
Tewel
Makin betah


Male Jumlah posting : 218
Join date : 2009-07-31
Age : 41
Lokasi : Bekasi

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 3:12 pm

Kalo bahasannya menegenai spec cocoklah dibahas, biar makin ngerti kok ada istilah2 yang aneh didenger tapi kurang difahami..
Back to top Go down
Nurus S
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 510
Join date : 2009-10-30
Age : 41
Lokasi : ponorogo- jawa timur

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 3:20 pm

ok kita ikuti di bahasan spk vanguard aja yah. Back to topic
KAlau menurut saya kualitas suara spk spoolan dipengaruhi oleh jenis lem, bahan spool dan setingan spool.
Back to top Go down
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 3:22 pm

Loudness, its definition, measurement and calculation
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/47/Lindos1.svg/400px-Lindos1.svg.png

baca-baca deh, pernah baca agak lupa.
Nah PeeRnya hubungannya gimana nih, biar bisa silaturahmi antara grafik n speaker.
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 3:37 pm

Quote :
Kalau menurut saya kualitas suara spk spoolan dipengaruhi oleh jenis lem, bahan spool dan setingan spool.

wah jadi mbahas spool, mirip judul sebelah Smile

Quote :
Nah PeeRnya hubungannya gimana nih, biar bisa silaturahmi antara grafik n speaker.

hayoo hubungannya dimana Laughing ?
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 3:47 pm

yah malah ditanya lagi... stres

Ampun ntar saya Nangis


Karena respon telinga sensi di suara mid, maka driver bass dan hi nya musti yang kuat (dB tinggi) (adhy said biar podho bantere). Nah korelasi antara jumlah speaker dengan dB ini yang bikin bingung.. Mikir
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 4:14 pm

nah berarti ada judul postingan yang belum di baca Razz
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 5:01 pm

Wah tak cari blum ketemu.
Padahal kalau kalau terjawab juga mau aku geser ke topik perbandingan jumlah speaker, hehe. Langsung kesana aja deh biar ga OOT.
Bang ada clue untuk cari threathnya?? plissss Ampun Ampun
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Wed Dec 09, 2009 5:15 pm

respon pendengaran terhadap kekuatan suara tidak berbanding lurus, coba saja bandingkan FOH dan monitor pasti suara mid FOH akan lebih kuat daripada monitor, cluenya segitu saja, kalau dari grafik semakin kuat nilai dB maka resspon suaranya semakin mendekati rata...

keknya sudah OOT nih Razz nanti momod di semprot sama momod yg lain gawat...
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
Nurus S
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 510
Join date : 2009-10-30
Age : 41
Lokasi : ponorogo- jawa timur

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Thu Dec 10, 2009 10:03 pm

wah iya kelihatannya salah kamar mas indra jadi ngomongin spul.

Ok. kita ke spec speaker mas indra, mungkin saya agak oon masalah spec/spesifikasi spk. Tapi mungkin apa saya salah ya :

Menurut saya, byk orang menganggap remeh bok spkr dan kembali hanya bereksperimen sendiri " kira2 ukuran yg sy buat ini lebih baik dr yg sebelumnya". Namun hal yg terpenting lagi bukan hanya memperhitungkan scr mtng masalah equipment saja namun pembuatan boks jg menjadi kunci permasalahan. Apa hubngan dgn ini semua? kembali masalah perhitungan PARAMETER THIELE & SMALL.

Dengan melihat T/S parameter yg ada dari sebuah spk stidak tidaknya kita bisa meramal kualitas suara yg akan dihasilkan.

Saya dapet cerita bgni : Dulu ada orang seberang sana melakukan eksperimen, dan berkesimpulan bahwa ada 40 parameter yg akan mempengaruhi suara. Namun mungkin hanya sedikit saja yg akan sy uraikan, diantaranya :

1. RE= Nilai resistensi DC voice coil dalam satuan ohm

( Biasanya orang tertipu dgn tulisan yg tertera dlm duz, mis 8 ohm. setelah diukur hanya 7,5 ohm dls)

2.FS= Frekuensi resonansi dlm udara bebas dlam satuan Hz.

3. QMS= Nilai Q mekanikal dari spk. kemampuan spk dipengaruhi oleh faktor mekanikal dan elektrikal. Nilai FS dipengaruhi oleh Konus (masa konus ), suround,dan spider.

4. QES=Nilai Q elektrikal dari spkr. yg dipengaruhi dari magned, voice coil dan motor.

5. QTS= Nilai total mekanikal dan elektrikal dari spkr. QTS merupakan hasil perkalian dari QES dan QMS.

6. VAS= Volume udara yg setara dgn keandalan spkr pada udara bebas dalam satuan Liter.atau untuk mengatur kakakuan dan kelenturan suspensi spk.

7. Z= Impedansi / nilai resistansi AC dari spkr dalam satuan Ohm.

8. LE= Nilai indukstansi voice coil spkr dalam satuan mH.
9. SD=Luas permukaan konus dlm satuan m2. dan
10.SPL= adalah sensitifitas spkr yg diukur dalam 1 watt/1m.

barangkali kang momod atau rekan SF bisa mengoreksi dan menambahkan ..
monggo....
Back to top Go down
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Thu Dec 10, 2009 10:40 pm

maaf mas Nur, kalau boleh saya minta link web atau blog yang membahas hal diatas. saya malah agak bingunnn. Tapi yang jelas, yang biasa tertulis memang impedansi, bukan resistansi. study
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Fri Dec 11, 2009 4:05 am

Quote :
Menurut saya, byk orang menganggap remeh bok spkr dan kembali hanya bereksperimen sendiri " kira2 ukuran yg sy buat ini lebih baik dr yg sebelumnya".

kalau parameternya lengkap ngitungnya sederhana, tapi kalau ada pertanyaan :

A : "mas saya punya speaker 12" 15" dan 18" 300W, 400W dan 600W ukuran boxnya berapa ?"

M : manualnya masih ada ngga ?

A: "ga ada mas, minta ukuran supaya bassnya manteb gitu ?"

M: owh kalau begitu beli jadi aja mas daripada coba-coba malah mahal ?

A: "suaranya ga enak mas, sudah pernah saya coba"

M : pusing juga saya ... Bego


Last edited by indra_co_maniz on Fri Dec 11, 2009 3:28 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
Tewel
Makin betah


Male Jumlah posting : 218
Join date : 2009-07-31
Age : 41
Lokasi : Bekasi

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Fri Dec 11, 2009 9:33 am

Saya juga gak mudeng2 nih, selama ini masih berkutat pada vas ama respon freq di data sheet doang yang lain masih banyak diabaikan, seperti:
ihutm wrote:
@Tewel : Jangan kebanyakan parameter, itu hanya ada di lab. Just Do It!!!!
Jadi ya pelan-pelan aja kalo saya, banyak yang blom paham..
Back to top Go down
Nurus S
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 510
Join date : 2009-10-30
Age : 41
Lokasi : ponorogo- jawa timur

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Fri Dec 11, 2009 3:21 pm

info parameter ini lebih jelasnya silahkan baca majalah AMO edisi juni 2009.
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Fri Dec 11, 2009 3:30 pm

waduh cari kemana majalahnya yah ? Smile
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
Tewel
Makin betah


Male Jumlah posting : 218
Join date : 2009-07-31
Age : 41
Lokasi : Bekasi

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Tue Dec 15, 2009 1:53 pm

Dikopi aja mas Nurus, sharing.. biar tambah referensi
Back to top Go down
Nurus S
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 510
Join date : 2009-10-30
Age : 41
Lokasi : ponorogo- jawa timur

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Tue Dec 15, 2009 2:50 pm

waduh ndak punya scanner gmn ini,
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Tue Dec 15, 2009 3:07 pm

discan dulu saja mas, dekat kampus Very Happy
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
Sponsored content




PostSubject: Re: Istilah-2 dalam spec speaker   Today at 9:15 am

Back to top Go down
 
Istilah-2 dalam spec speaker
View previous topic View next topic Back to top 
Page 4 of 5Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Loudspeaker-
Jump to: