Solfegio Forum
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- KEYBOARDTRICK artikel -->
<ins class="adsbygoogle"
style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9339001912975180"
data-ad-slot="4538866359"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Statistics
We have 8225 registered users
The newest registered user is andriano setiawan

Our users have posted a total of 81651 messages in 4361 subjects

Share | 
 

 KACAPI (alat musik tradisional Sunda)

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
weng_gt
Mulai Betah


Male Jumlah posting: 89
Join date: 2009-04-10
Age: 60
Lokasi: Mega Mendung - Cipayung - Bogor 16750

PostSubject: KACAPI (alat musik tradisional Sunda)   Tue Oct 27, 2009 1:36 pm

alat musik tradisional kecapi merupakan alat musik kelasik yang selalu mewarnai beberapa kesenian di tanah Sunda ini. Membuat kecapi bukanlah hal gampang. Meski sekilas tampak kecapi seperti alat musik sederhana, tetapi membuatnya tidaklah gampang. Untuk bahan bakunya saja terbuat dari kayu Kenanga yang terlebih dahulu direndam selama tiga bulan. Sedangkan senarnya, kalau ingin menghasilkan nada yang bagus, harus dari kawat suasa (logam campuran emas dan tembaga), seperti kecapi yang dibuat tempo dulu. Berhubung suasa saat ini harganya mahal, senar Kecapi sekarang lebih menggunakan kawat baja.

Nada dalam kecapi sunda memiliki 5 ( pentatonis ) tangga nada yaitu Da, Mi, Na, Ti, La, .
Pasangan alat musik kecapi sunda ini biasanya adalah suling sunda yang terbuat dari bambu. Alunan musik yang mengalir akan terasa mempesona pada telinga kita jika di mainkan keduanya. Kalau saya sendiri suka rindu akan kampung halaman.


Kacapi Parahu
adalah suatu kotak resonansi yang bagian bawahnya diberi lubang resonansi untuk memungkinkan suara keluar. Sisi-sisi jenis kacapi ini dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai perahu. Di masa lalu, kacapi ini dibuat langsung dari bongkahan kayu dengan memahatnya.

Kacapi siter
merupakan kotak resonansi dengan bidang rata yang sejajar. Serupa dengan kacapi parahu, lubangnya ditempatkan pada bagian bawah. Sisi bagian atas dan bawahnya membentuk trapesium.

Untuk kedua jenis kacapi ini, tiap dawai diikatkan pada suatu sekrup kecil pada sisi kanan atas kotak. Mereka dapat ditala dalam berbagai sistem: pelog, sorog/madenda, atau salendro.





Saat ini, kotak resonansi kacapi dibuat dengan cara mengelem sisi-sis enam bidang kayu.
Details of pawn-bridges of a Kacapi Parahu

Fungsi Kacapi indung and kacapi rincik

Menurut fungsinya dalam mengiringi musik, kacapi dimainkan sebagai:

1. Kacapi Indung (=kacapi induk); dan
2. Kacapi Anak atau Kacapi Rincik

Kacapi indung memimpin musik dengan cara memberikan intro, bridges, dan interlude, juga menentukan tempo. Untuk tujuan ini, digunakan sebuah kacapi besar dengan 18 atau 20 dawai.
[sunting] Kacapi rincik

Kacapi rincik memperkaya iringan musik dengan cara mengisi ruang antar nada dengan frekuensi-frekuensi tinggi, khususnya dalam lagu-lagu yang bermetrum tetap seperti dalam kacapi suling atau Sekar Panambih. Untuk tujuan ini, digunakan sebuah kacapi yang lebih kecil dengan dawai yang jumlahnya sampai 15.
[sunting] Penalaan dan Notasi

Kacapi menggunakan notasi degung. Notasi ini merupakan bagian dari sistem heptachordal pelog. Lihat tabel berikut:

Pelog degung Sunda Pelog Jawa
1 (da) 6
2 (mi) 5
3 (na) 3
4 (ti) 2
5 (la) 1

banyak orang (terutama yg berasalah dr tanah Parahyangan) mengatakan, jika kecapi suling sunda dimainkan maka imajinasi kita adalah suatu perkampungan yang masih terhampar luas sawah-sawah, aktifitas para petani, gunung yang hijau dan pepohonan di tengan sawah. Bagaimana dengan anda ?
Back to top Go down
Antoni Pasaribu
Admin
Admin


Male Jumlah posting: 3486
Join date: 2009-04-07
Age: 31
Lokasi: Kerinci - Jambi

PostSubject: Re: KACAPI (alat musik tradisional Sunda)   Thu Oct 29, 2009 2:47 am

Applause

Nanya, pak.
Da Mi Na Ti La kalo di tala A=440Hz, jadinya di sekitaran nada apa, pak?
Back to top Go down
http://www.reverbnation.com/solfegio
weng_gt
Mulai Betah


Male Jumlah posting: 89
Join date: 2009-04-10
Age: 60
Lokasi: Mega Mendung - Cipayung - Bogor 16750

PostSubject: Re: KACAPI (alat musik tradisional Sunda)   Tue Nov 03, 2009 9:53 pm

wah kalo ditanya gitu rada bingung jawabnya, karena berbeda terantung penggunaannya
(kira-2 kalo penjelasan dr WikiPedia sich)

* Pelog Degung:
da mi na ti la da [1 2 3 4 5 1],
mendekati --- do si sol fa mi do [1' 7 5 4 3 1] pada skala diatonis

* Madenda or Sorog: da mi na ti la da [1 2 3 4 5 1],
mendekati --- fa mi do si la fa [4’ 3’ 1’ 7 6 4] pada skala diatonis.

* Salendro: da mi na ti la da [1 2 3 4 5 1],
mendekati --- re do la sol fa re [2’ 1’ 6 5 4 2] pada skala diatonis.

Semoga membantu bagi yg liat thread ini ... kalo ada yg lebih detail, silahkan menambahkan

Salam
Back to top Go down
Pak Dai
Mulai Betah


Male Jumlah posting: 48
Join date: 2009-08-09
Age: 40
Lokasi: Kuala Lumpur

PostSubject: Re: KACAPI (alat musik tradisional Sunda)   Tue Nov 03, 2009 10:38 pm

@Bung Admin, Pa kabar? Very Happy

Dulu waktu di Jambi (th 90an) sering kolaborasi dengan group musik tradisional sunda. Kalau gak salah mainnya banyak di Bm.

(Mohon ditambah atawa dkoreksi bagi yang lebih tahu)



Pak Dai
www.dairabikamil.blogspot.com
Back to top Go down
Antoni Pasaribu
Admin
Admin


Male Jumlah posting: 3486
Join date: 2009-04-07
Age: 31
Lokasi: Kerinci - Jambi

PostSubject: Re: KACAPI (alat musik tradisional Sunda)   Tue Nov 03, 2009 11:25 pm

kabar baik, pak Ampun
koq ga mampir di pondok saya, pak ?

thanx pencerahannya, pak.
Ampun
Back to top Go down
http://www.reverbnation.com/solfegio
Pak Dai
Mulai Betah


Male Jumlah posting: 48
Join date: 2009-08-09
Age: 40
Lokasi: Kuala Lumpur

PostSubject: Re: KACAPI (alat musik tradisional Sunda)   Wed Nov 04, 2009 12:11 am

Ampun Iya, maaf. Kemarin, gak sempat ke "Istana Solfegio". Kehidupan "hectic" banget waktu itu. Very Happy Ampun (sibuk nyesuaikan metronome dengan tempo gempa he...he...)


:bravo: Solfegio
Back to top Go down
Tamu
Guest



PostSubject: Re: KACAPI (alat musik tradisional Sunda)   Tue Dec 15, 2009 10:14 pm

Salam kenal kang weng_gt.
1 - Saya pengin tahu kalau mau beli kacapi sunda nu sae teh dimana ya ?
2 - Kok kesannya pembuatan kacapi teh dirahasiahkeun banget. Apa ada secret-recipe nya ? Miturut pandangan saya ( mungkin salah ) sebaiknya informasi kontruksi dan pembuatannya dipublikasikan, sehingga akan makin banyak pengrajin instrumen lokal yang membuatnya. Dampaknya, kecapi akan makin luas dikenal dan yang utama dimainkan oleh generasi muda. Rasanya kang Weng kapan2 menulis tentang kontruksi kecapi.
Punten, nanyanya pake nomor.


Urun komentar tentang Nada Degung Pelog :
--------------------------------------------------
1 - Pelog (juga Salendro) baik sunda maupun jawa / bali, sebenarnya tidak ada standar frekuensi utk suatu nada. Paling nggak secara tradisionil memang nggak pernah distandarisasi (bangsa kita dulu nggak kenal apa itu frekuensi). Barangkali sekarang ini memang sudah ada upaya standarisasi, terutama di kalangan akademisi ( institut seni karawitan) - meski agaknya belum cukup mudah diterima praktisi seni secara umum. Atau memang tidak jadi masalah .... selama tidak kolaborasi dengan musik barat.

2. Hal frekuensi tidaklah kritis. Terutama waditra (inst. musik) spt kacapi. Yang paling serius adalah : tangga-nada. Persepsi LARAS ( raras ) di musik tradisi tidak sama dengan raras musik barat. Kita semua tahu bahwa musik barat bertangga-nada 'equal tempered'. Jarak interval semitone selalu 100 cent (sen) di semua posisi. Tidak demikian dengan auditory-perseption kuping sunda/jawa/bali. Jarak intervalnya (sejauh ini yang diterima) tidak konstan. Contoh degung pelog : da - la - ti - na - mi - da' ( 1-2-3-4-5-1' - dibalik, frek naik ), intervalnya adalah : 400-8-240-400-80 sen. Jadi kalau disandingkan dengan tangga-nada barat (masing-2) akan merasa partnernya fals. Namun, ada pendekatan yang 'bolehlah' diterima, dimana pelog digeser menggunakan interval barat. Jadinya ya seperti sudah dicontohkan oleh Kang Weng.

Andaikan, PELOG nada DA' akan diposisikan di A4 (=440Hz) maka nada lainnya yang cukup berdekatan adalah : A3 - C3# - D3 - E3 - G3# - A4 utk ( da-la-ti-na-mi-da' atau dgn notasi jawa ji-ro-lu-ma-nem-ji').

Kira2 itu yang 'sedikit' saya ketahui. Maaf saya bukan pemusik, makanya gabung utk belajar musik. Namun saya dikit2 tahu spektra dan kalkulasi nada-nada musik. Baru dikit udah sok tahu ya. Jadi mohon maaf bila ada yang salah tulis.

salam,
si kenthongan tea !
Back to top Go down
Dadan
Anggota Baru


Male Jumlah posting: 1
Join date: 2009-12-20

PostSubject: Re: KACAPI (alat musik tradisional Sunda)   Sun Dec 20, 2009 3:25 pm

Ass. Wr. Wb

Salam kenal Kang Weng :

Punten Kang, kalo senar kecapi = senar gitar? kalau sama dan bisa pakai senar gitar, urutannya gimana ?

kebetulan ada kecapi gk di pakai dan ingin bisa memainkanya, supaya Budaya terus maju dan menjadi suatu Unik" dari yang lain.

diantos walerna [aliftone_2008@yahoo.com]
Hatur Nuhun kang, Wss. Wr. Wb.

Dadan
Back to top Go down
 

KACAPI (alat musik tradisional Sunda)

View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum ::  :: -