Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2  Next
AuthorMessage
ihutm
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 978
Join date : 2009-04-13
Lokasi : Medan/Parapat

20100105
PostBerbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....

Kejadiannya nun jauh disana, di satu desa dikawasan Tapanuli, saat Natal .

Sore itu aku kedatangan seorang teman, pemilik rental sound system dan shooting video yg lumayan besar di kawasan tersebut. Dia bercerita bahwa 2 hari lagi akan ada hajatan pesta Natal besar di satu desa, dengan area 1 lapangan bola dan mengundang artis Batak dari ibukota. Dia bermaksud meminjam 4 unit power Amp dari aku, katanya utk cadangan karena eventnya besar. Sebagai teman, dan kebetulan peralatanku nganggur, aku OK saja. Sekalian dia mengundang saya utk melihat peralatannya yg sekarang (kebetulan aku lama nggak lihat perkembangan peralatannya, karena aku tinggal di Medan). OK... nanti aku datang, abis liburan bengong di kampung gini juga mau ngapain?

Pada hari H, jam 10 pagi, aku ditelpon oleh beliau, minta tolong dibantu karena ada masalah di settingan peralatan. Jarak event dgn villaku sekitar 30 Km. Aku segera meluncur kesana dan membawa 4 unit power, 3 mic Shure SM58 dan 1 unit rack accessories ( janji semula utk dipinjami hanya 4 power, tapi utk jaga2 aku bawa peralatan lain).

1 jam diperjalanan, sampai disana aku dihadapkan pada suatu pemandangan yg lumrah, tidak ada yg aneh menurutku, :

1. 1 set Line Array custom (lokal) kiri kanan panggung, masing2 terdiri dari 2 box low, dan 4 box mid yg setiap boxnya terdiri dari 2 unit speaker lokal
2. 8 unit 15" dgn tweeter di ground stack ( 4 kiri, 4 kanan)
3. 4 unit 2x18" Sub (custom) RCF
4. Mixer Behringer (sudah agak tua) dgn bar-meter diatasnya.
5. 2 Rack accessories yg umum, EFX, Equalizer (berbagai merk), kompressor, gate, X-over 4 way dan....wah...satu unit DLMS.
6. 6 unit power, 4 lokal, 1 Peavey 1k3 dan 1 unit CS800. (kata yg empunya sekitar 20.000 watt .....hmmmmm).
7. Microphone standard (JTS, Shure "bjx")
8. Keyboard KN7K, Gitar Yamaha, Gendang, Sax dan suling
Back to top Go down
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan ..... :: Comments

Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 11:28 am  ihutm
Saat itu, rekanku pemilik rental SS sedang dikeroyok di kantor camat yg terletak tidak jauh dari lapangan bola tersebut. Pasalnya sewaktu artis dan pemusik Cek-sound, mereka benar2 kecewa dan tidak mau tampil kalau bunyi peralatan soundnya seperti itu. Ini masalah besar, karena masyarakat dari berbagai kecamatan akan hadir di perayaan Natal yg akan dimuai jam 5 sore.

Aku mencoba menengahi, karena kebetulan kenal dengan beberapa musisi pengiring dan artis ibukotanya. Aku cuma bilang, bahwa apapun kejadiannya, kita maksimalkan saja yg sudah ada, dan saya siap membantu. Pak Camat akhirnya lega, Artisnya lega, musisinya masih ogah2an.

Saya kembali kelapangan, dan mulai minta menghidupkan peralatan yg sudah terpasang 1dengan standard CD sbg source .....
Wow .... begitu bunyi, saya langsung mau pingsan ... bingung dan kalut... bagimana bisa begini? Suaranya mendem semua, bass-nya berserakan kemana-mana dan hampir semua ngumpul di mid-low ke mid. Cek equalizer, loh .... malah rupanya sudah diuapayakan mendorong lo dan hi-nya agar muncul... tapi hasilnya benar2 amburadul.

Jam sudah menunjukkan jam 12.30
Langkah pertama, semua power di nol kan, aku minta daftar koneksi dari equalizer ke powernya (yg mana eq utk power mana dan mem-feed speaker apa...).
1. Coba dengan Lo pada sistem rigging ...... wallah ... memang speaker lokal dgn box yg gak tahu nyontek dari mana juga, sudahlah, suaranya ya begitu itu.....
2. Coba mid-hi pada sistem rigging..... loh... oq midnya ada (walau nggak tahu juntrungannya), tapi hi-nya nggak ada. Cek Eq... sudah didorong ke mid-hi boost di 3 dB. Ada apa ini? Mulai panik..... Panggil yg punya, apakah tweeter di Rigging sudah di cek sebelum di naikin? Jawabannya di box nya nggak pakai tweeter.... loh? Itu khan ada?... itu cuma frame-nya saja ....GUUUUBRRAKKKK!!!
3. Coba box 15" yg di stack diatas Sub, kejadiannya sama, dari 8 unit hanya ada 3 unit yg pakai tweeter corong plastik, lainnya putus......
4. Coba box Sub, bisa bunyi bagus kalau pelan, begitu signal didorong lanngsung bubar ... ya ya lah .... 4 box (8 buah RCF) di dorong pakai CS 1300 .

Mixernya? Aloot.... potensionya udah gak pada bisa diputar, terutama di Eq-nya, bahkan slidernya gak bisa kembali ke nol....... ampuuuuunnn. (Adduhhh... ada mixer juicer nggak yach... bisa buat jus mangga.....)
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 11:57 am  ihutm
Aku coba periksa koneksi antar accessories, aku panggil yg punya, tanya DLMSnya manual booknya mana? Men-set Cross overnya gimana? Membagi antara hi, mid, low dan sub nya di frekwensi berapa? Lihat spek speaker nggak? Jawabnya polos .... Loh.. DLMS itu khan kaya' komputer, jadi sesudah di test dan di set orang toko, nggak pernah diutak atik... gitu aja... pusiiing lah kepalaku nyut-nyutan. Bagaimana lagi aku harus belajar DLMS ini dalam waktu singkat? DLMS di set orang toko dan dia tidak tahu men-set? Untuk apa dibeli? Isinya dan sequence nya pun gak ada petunjuk.... wallahhhh.... terus terang aku juga gak terbiasa dgn pengoperasian DLMS jadi nggak berani utak atik.....

Ya sudah.... keputusan diambil.. telepon ke markas, suruh crewku kirim speaker Peavey SP2G (15"+horn) sebanyak 4 unit dan sub EMINENCE KILOMAX 4 unit dan mixer. Power dan accessories tadi pagi sudah kubawa bareng aku.....

Udah jam 2.15 crew-ku sampai di lokasi

Demi yang namanya harus segera cek-sound dan General Repetisi, aku bongkar semua routing dari mixer ke seluruh peralatan accessories. Aku pakai logika sederhana saja, AKU HARUS MENYEDERHANAKAN SISTEM INI bila ingin cepat dan memadai. Tidak ada DLMS, tidak ada X-over (entah utk apa juga, sudah ada DLMS masih Xover aktif di raknya). Dari mixer langsung ku-umpan ke equalizer. EFX semua menggunakan Send-return.

Master Out dari mixer ku umpan ke 2 equalizer yg lumayan bagus (YAMAHA dan ASHLEY) yg diset flat, jadi hanya memanfaatkan penguatan gain saja untuk mempertahankan ke'sehat'an signal. Out nya Ashley kupakai mendorong 2 unit equalizer, mengumpan 3 unit power untuk mendorong sub. (ada 2 jenis sub, RCF dan Eminence yg berbeda karakter) Outnya Yamaha dibuat mendorong 2 unit equalizer mendorong 3 power utk low, mid dan hi. 1 equalizer lagi untuk mendorong power monitor aktif.
Peavey SP2G di stack diatas sub menggantikan 4 unit speaker 15", diset Full Range.

Alat mulai di tata ulang dengan mengandalkan 4 unit SP2G + 4 unit custom 15"+tweeter di awal dan sub sebanyak 8 unit. Voylaaaaa......... langsung kelihatan ada titik cerah, padahal settingan Eq masih seperti awal. Yg jelas, artisnya sudah mau dekat ke operator dan mukanya mulai menaruh harapan.

Pelan-pelan, aku coba kendalikan peralatan yg di rigging dgn equalizer di accessories (karena pre-amp di mixer sudah parah). Akhirnya ketemu titik balanced, pada satu titik dimana suara dari rigging bisa diterima tanpa harus di drive lebih kuat lagi, karena performa dan kualitas speakernya yg tidak jelas. Itulah POINT yg harus aku terima.

Jam 15.00. Pak Camat dan Ketua Panitia datang, dan mukanya sudah cerah sekali. Langsung salaman dan ketawa-ketawa(wahhh... salaman tok, nggak ada lapisnya nich....)
Gladi Resik dimulai, musisi naik ke panggung, artis juga pada naik.... masih ada minor sana sini.. OK-lah... namanya juga sudah mepet....... tetap diperbaiki....
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 12:10 pm  ihutm
Sekitar jam 16.00 (satu jam sebelum acara), aku masih mencoba sebisaku memaksimalkan yg ada, tapi sudah tiba di penghujung.... akhirnya dengan rela hati, ku ganti mixer behringer nya dgn mixer MACKIE-ku, dan mic penyanyi ku ganti dgn SM58-ku. Sudah kepalang basah, bantuin orang......... performa langsung berubah, penyanyi yg tadi sudah di rumah pak Camat (sekaligus ruang transit artis) balik lagi ke panggung mau nyoba..... sambil senyum mereka tanya.."Koq nggak dari tadi sih....."

Rekan2 SF yg terhormat,
Acara berlangsung dengan sukses hingga jam 01.00 dini hari, diakhiri dgn jabat tangan diantara peserta perayaan, foto bersama artis, pak Camat, Sekwilda dan panitia.

Aku duduk mojok dibelakang mixer, kedinginan.. karena aku tidak merokok dan tidak minum kopi, cuma bisa mengunyah permen.

Beberapa point yg aku bisa catat :
1. Tidak ada yg tahu bahwa oknum MAGMA yg menyelesaikan masalah ini (orang tahunya khan beliau pemilik rental besar yg disewa).
2. Aku bayangkan kalau masalah ini tidak selesai, keberingasan massa seperti apa yg akan terjadi, mengingat perayaan ini melibatkan massa dari 4 kecamatan yg rindu artis ibukota.
3. Walau tidak dibayar, aku cukup puas dengan apa yg bisa kulakukan.
4. Tidak ada gunanya memasang berbagai perangkat canggih di rack kalau nggak ngerti memakai.
5. Tidak berguna juga asal punya rigging, apalagi speaker custom yang nggak jelas.
6.Jangan membodohi klien dgn "puluhan ribu watt" yg nggak jelqas juntrungannya.
7. Membantu teman utk hal seperti ini harus tulus, balasannya akan datang kemudian.

Demikian pengalaman menjadi SE Gratis di satu event, yg terpaksa aku lakoni demi menjaga ketertiban umum dan keselamatan rekan sesama pemilik rental SS.
Semoga berguna bagi rekan SF lain.

Salam
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 12:22 pm  bjO
wah ini toh pengalamanya. Ampun
andai di dramatisir sedikit jadi skenario layak tayang nih.
'perjuangan seorang oknum'

emang perangkat yang udah disediakan komplit yah??

untung ada oknum, untung pula bawa spare perangkat.
untung biduanya blum pulang
untung pejabatnya tidak berang
untung oknumnya ga jadi meriang
salut..
:bravo:

kebaikan tak pernah hilang
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 12:32 pm  ihutm
Komplit mas.... tapi nggak jelas. Kalau ngeliat rack acessoriesnya.... takut saya..... Equalizer ada 5 unit, efx ada 2, Xover, DLMS, Compressor nya ada 2, gate/limiter, ada BBE lagi (ini utk apa yach?), cable snake ada 2, satu in dari panggung, satu out ke Po-Amp (profesional ya?) .... tapi speakernya nggak jelas... powernya peavey 2 unit, Hardrock 4 unit.
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 2:21 pm  hery
mantaff ni bang Ihutm......pahlawan tanoa tnda jasa,,,,betulll....beli rack assesoris klo gak bisa makainya ..percuma....menang tampang doang.....
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 2:26 pm  b1lly
sungguh luar biasa Lae Ihut :beer:
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 3:52 pm  indra_co_maniz
Quote :
Aku duduk mojok dibelakang mixer, kedinginan.. karena aku tidak merokok dan tidak minum kopi, cuma bisa mengunyah permen.

siangnya kepanasan dan keringetan, malamnya kedinginan Smile alat magma masih tokcer, jangan di lego dulu lae Laughing
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 5:16 pm  Wisnu
Betul kata om Ihutm..punya alat sedikit tp maksimal makenya lebih baik daripada alat banyak tp gak tahu makenya. Pake yg perlu2 saja ya..hehehehe..
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Jan 05, 2010 10:36 pm  Antoni Pasaribu
kado Natal terindah yg di berikan amangboru untuk mereka Mantap
nambah pelajarah hidup lagi dari amangboru Ampun
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Wed Jan 06, 2010 4:11 am  Eko_B_Clowor
ini uda jam 4 pg lewat biasanya saya uda agak ngantuk setelah membaca tread ini dengan seksama g jadi ngantuk Artinya post Om Ihutm sangat sangat berharga sekali buat tambah pengalaman hidup saya .
terima kasih Om Ihutm
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Wed Jan 06, 2010 6:27 am  eudea
baca postingan om ihut jadi gemes sendiri sama magna itu.
ckckckckckckc...
salut buat om ihut. mantaapp!!
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Wed Jan 06, 2010 9:01 am  nick
mungkin dalam sound man bang ihutm pantas mendapat titel pahlawan.....bagaimanapun juga tanpa campur tangan beliau perhelatan gak akan sukses..
kalo boleh minta itu semua gak di dokument kan bang? boleh dong tau poto2 alat2 dari mereka?
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Wed Jan 06, 2010 9:14 am  ihutm
Terimakasih rekan SF, sebenarnya mas Indra yg rada maksa agar pengalaman ini dibagi, sebagai bekal bagi rekan2 di SF.
Maaf, saya tidak bermaksud untuk menjatuhkan nama orang lain dan usaghanya, itu sebabnya saya tidak mencantumkan nama maupun photo (kebetulan gaya rigging temanku ini sangat khas, sehingga rekan SF di sekitar Tapanuli akan langsung tahu perangkat siapa yg aku maksud).

Bagaimanapun juga, saya percaya bahwa suatu saat akan ada orang yg dengan tulus membantu saya pada saat saya kesulitan.
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Wed Jan 06, 2010 10:30 am  indra_co_maniz
hee... sebenarnya saya ngga maksa niatnya saling berbagi seperti moto SF, karena pengalaman merupakan pelajaran yg amat sangat berharga bagi pihak yg berkecimpung dibidangnya. ternyata memberikan manfaat, inspirasi dan bayangan hal-hal yang mungkin ditemui dilapangan..

saya berkesimpulan sederhana dari pengalaman diatas ternyata tahu yg bergizi masih lebih ampuh untuk membentuk kekuatan daripada pisang goreng yg rasanya manis...
kira-kira begitu istilahnya kali yah ?

Quote :
Bagaimanapun juga, saya percaya bahwa suatu saat akan ada orang yg dengan tulus membantu saya pada saat saya kesulitan.

saya juga percaya lae ihut Smile
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Mon Feb 08, 2010 12:06 pm  HGpelangi
Pokoknya setiap pengalaman Pak Ihutm Pasti Seru... dan sangat menambah wawasan terutama buat saya yang masih kacangan ini...

apa yang kita perbuat pasti akan mendapat balasan dari Yang Maha Kuasa...
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Mon Feb 08, 2010 12:24 pm  haris
Ternyata " Oknum ga selamanya jelek ya" malah jadi pahlawan lho . . . :bir: :bir: :bir:
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Mon Feb 08, 2010 3:40 pm  handyzolanda
Benar Bang Ihutm. Kalau saya hanya bisa bilang " Do the best and God Take the Rest ". Jadi walaupun tidak ada bayarannya itu tetap saja namanya pelayanan. Pasti berkatnya ya dari Tuhan. Amin. GBU Applause
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post on Tue Feb 09, 2010 11:57 am  hartono
terima kasih pak ihut, pengalaman yang patut diambil hikmahnya Applause buat belajar saya yang masih muda dan minim pengalaman ini.... sekali lagi terima kasih pak ihut... Applause
Re: Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....
Post Today at 2:21 am  Sponsored content
 

Berbagi Pengalaman jadi SE Gratisan .....

View previous topic View next topic Back to top 

Page 1 of 2Go to page : 1, 2  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Lain-Lain-
Jump to: