Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
AuthorMessage
febry
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 62
Join date : 2009-11-08
Age : 32
Lokasi : Manado

PostSubject: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Sat Feb 06, 2010 10:25 am

First topic message reminder :

Salam kenal semua. . . Tetangga saya mempunyai PA yang memakai kit ocl safari yang sudah di modifikasi. Spesifikasinya: 1- Travo bell 10 A ct 47 V (yang dipakai adalah tegangan 42 V AC) 2- 4 pcs capasitor sanwa 10.000 uf/100 V. 3- dioda bridge 35 A x1. 4-kit ocl safari yang semua komponennya telah dihapus tulisannya x2. 5- TR sanken 2SC...2SA x8 pasang. 6- kit power maizer TFX produk elektra x1. Saya ingin merakit PA yang mirip tapi di pcb yang saya beli hanya mampu disuplay tegangan max 32 V AC. Saya sudah mempunyai Travo, elco dan dioda yang sama seperti milik tetangga saya kecuali TRnya hanya 4 pasang sanken yang saya beli. Mohon bantuan dari para solfer agar saya dapat merakit PA ocl safari dengan tegangan suplay CT 42 V AC. Saya ucapkan Terima kasih kepa para solfer semua.
Back to top Go down

AuthorMessage
sue
Solfers Sejati


Jumlah posting : 1159
Join date : 2009-07-24
Age : 29
Lokasi : Cilacap / Bandung

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Sat Mar 20, 2010 2:43 pm

coba 2 seri 470 aja...
input ~ 0 dBV.
Back to top Go down
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Sun Mar 21, 2010 12:23 am

@prie : wihh software apaan tuh? Tutup Mulut boleh tahu? Kacamata

sue nulis : coba 2 seri 470 aja... input ~ 0 dBV.
brother.. ehm.. ini r 470ohm diseri atau 470uF diseri bTb?
Menunggu
Back to top Go down
gwendy
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 3023
Join date : 2009-06-28
Age : 44
Lokasi : Rantepao Tator Sulawesi Selatan

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Sun Mar 21, 2010 8:50 am

multisim electronic workbench Smile
hasil simulasi , tapi hasil akhir tetap ditentukan kualitas komponen. Smile
Back to top Go down
sue
Solfers Sejati


Jumlah posting : 1159
Join date : 2009-07-24
Age : 29
Lokasi : Cilacap / Bandung

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Sun Mar 21, 2010 11:47 am

@bJO : 470R jo... Smile
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Mon Mar 22, 2010 12:28 pm

Quote :
dengan karakter Middle yang aduhai naik di Freq 1kHz.naik dikit ada ripple.Low mid yang cukup nendhang.cocok untuk Ndangdut.,Blazer unik ..ini terbukti Blazer COCOK untuk anak band.disini tinggal pilih.banyak rekan2 kami yang sampai sekarang pakek ocl safari. yang
menggunakan beragam model box Speaker.Blazer it's deepbass. dan safari ocl hanya di Low mid.ini terbukti..gimana daeraH laen...!

dikit lagi quasy muncul, main sengit persaingan Razz
back to topic, gimana hasilnya mas bjo ?
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Mon Mar 22, 2010 3:56 pm

@indra : maaf, belum kepegang. stok cuma ada 100uF. ntar dicoba dulu pakai itu.
penguatan 62X ini untuk keseimbangan dengan blazer yah? Mikir
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Mon Mar 22, 2010 4:07 pm

iya mas bjo Smile
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Tue Mar 23, 2010 10:08 pm

lapoooor, dengan asumsi perbandingan gain blazer:62X.
ocl safari dah dipasang 20K/330ohm. Laughing
cFb sudah diganti 100uF.
hasil : bass lebih empuk, cuma pasti orang banyak tidak suka karena gain kurang. tapi cuek saja. Very Happy
belum disajajarin dengan blazer, karena listrik tidak kuat Bego

ada 2 pertanyaan:
1. set gain diatas apa ada dampak negatifnya? (eh jadi mikir kenapa tidak disaranin ganti 15k/470 atau 30k/470 saja sih?)
2. kalau pengen treble lebih halus adakah triknya? (sekarang cenderung mid-agak nyerang)

trimss
Back to top Go down
gwendy
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 3023
Join date : 2009-06-28
Age : 44
Lokasi : Rantepao Tator Sulawesi Selatan

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Tue Mar 23, 2010 10:22 pm

1. dampak negatif gak ada
2. memang sdh begitu bunyinya coba oprek Cf dan Cinnya dengan komponen yang lebih bagus.
Back to top Go down
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 1:09 pm

ini coba main-main di cF kok sepertinya cuma berubah di wilayah low saja yah?? Wink
atau mungkin C yang ukuran pF itu yah (sekitar 220pF)?
Bingung
sementara Cin menggunakan mylar ijo. ada saran ??
Back to top Go down
sue
Solfers Sejati


Jumlah posting : 1159
Join date : 2009-07-24
Age : 29
Lokasi : Cilacap / Bandung

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 2:33 pm

Blazer itu bukannya 15k/500 ~31x ???
cFB 220u.

220p itu C LPF atau Miller jo?

C-in coupling kalau pakai mylar emang pedas kalo ga salah.... Mikir
Back to top Go down
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 3:14 pm

220pF di kaki basis collector TIP31. namnya apa yah?
kalau filter di input besarnya 1nF..


sue: C-in coupling kalau pakai mylar emang pedas kalo ga salah....

ehmm...cari ganti apa yah? itu audiophiler juga galak...
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 3:30 pm

seingat saya untuk safari 1.2nF mylar yg agak bening potongannya bukan 1nF...
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 3:44 pm

ouwwhhh.... 1,2nF toh. wah berarti pembuat KIT-nya nih.
trims bang Indra ntar dieksekusi.. peace
btw PoAmp ini calon untuk monitor panggung. nah pengen yang agak adem di Mid-nya.
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 3:47 pm

R kapur 5 watt ganti 3 watt langsung adem....

besar suara, sama kok...
tapi enaknya dijajal saja, karena saya sudah lupa Sad lama ngga pakai OCL ini..
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 3:54 pm

5watt -> 3watt
nilainya tetap yah 0,5ohm?
dulu (threadnya lupa) seperti pernah dijawab bang indra bisa ganti 0,33ohm ehhh atau 0,6 ohm yah. Mikir
tapi belum tahu alasanya untuk apa. hihi..
okey.. besok dicoba lagi. pokoknya sebelum sabtu
Got It
Back to top Go down
sue
Solfers Sejati


Jumlah posting : 1159
Join date : 2009-07-24
Age : 29
Lokasi : Cilacap / Bandung

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 4:44 pm

C 220p-nya dari kaki C dan B TIP31 itu namanya Miller stabilization cap, atau domminant pole cap.
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 5:07 pm

@bjo : kalau ada 0.39 kalau ngga ada 0.5 gpp Wink

@sue : fungsinya untuk apa yah ? Mikir
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
sue
Solfers Sejati


Jumlah posting : 1159
Join date : 2009-07-24
Age : 29
Lokasi : Cilacap / Bandung

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 5:18 pm

Membatasi Slew-Rate, cara kerjanya dengan adanya capasitor di sana, arus untuk B TIP31 juga di pakai untuk mengisi Cdom, maka akan berefek berkurangnya kemampuan ampli untuk menghasilkan f yang tinggi (bandwidth menurun), alasan penggunaannya adalah untuk memberi kestabilan pada ampil pada f tinggi.
Back to top Go down
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Thu Mar 25, 2010 7:20 pm

sue :arus untuk B TIP31 juga di pakai untuk mengisi Cdom, maka akan berefek berkurangnya kemampuan ampli untuk menghasilkan f yang tinggi (bandwidth menurun)
=> berarti secara tidak langsung ber efek pada respon frek tinggi dong? Mikir

ohh.. nah ini mainan baru sering denger tapi belum tahu.
SLEWRATE=> kelihatanya sering terbaca di datasheet op-amp.
katanya lebih tinggi lebih baik. sebenarnya mahluk apa sih?
atau buat tread baru saja?
adakah hubunganya dengan kualitas Power-Amp?
Back to top Go down
Sponsored content




PostSubject: Re: Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?   Today at 2:47 am

Back to top Go down
 
Adakah skema ocl safari yang sudah di modif?
View previous topic View next topic Back to top 
Page 4 of 5Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Power Amplifier-
Jump to: