Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Menyolder kabel

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
AuthorMessage
Emir Widya
Solfers Sejati


Male Jumlah posting : 1356
Join date : 2010-03-01
Age : 45
Lokasi : Bandung

20100321
PostMenyolder kabel

Ini sebuah artikel lama di Audio Pro yang saya tulis, semoga bermanfaat.

http://soundsystemprofesional.blogspot.com/2010/03/menyolder-kabel-kabel-dan-konektor.html
Back to top Go down
http://soundsystemprofesional.blogspot.com/
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

Menyolder kabel :: Comments

Re: Menyolder kabel
Post on Mon May 03, 2010 7:25 pm  im4m_okee
Kalo speaker jbl, pada terminal speakon menuju pcb x-over, kabel sering lepas. dan sering di solder berulang-ulang. Timah yang di gunakan, merek pancing sih. Kira-kira pengaruh pada apanya ya...? cara nyolder, timah, atau kabel yang menuju x-over yang kurang bermutu? power yang di gunakan lebih besar watt nya di banding permintaan speaker. Tapi gak pernah di geber kencang..?
Re: Menyolder kabel
Post on Mon May 03, 2010 7:48 pm  Emir Widya
Kabel ini Bung? Hiiii... menjijikan.. buang aja Bung, ini juga saya buang kok..

http://img341.imageshack.us/content_round.php?page=done&l=img341/8340/hiiikabeljbl1.jpg

Ini yang bikin suara jadi tajam dan kurang ngebass..

http://img341.imageshack.us/content_round.php?page=done&l=img341/2503/hiiikabeljbl2.jpg
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 6:26 am  im4m_okee
oh..... gitu. kirain bawaan pabrik udah bagus. jadi gak di oprek. Entar coba di ganti kang.
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 6:38 am  Emir Widya
Buang aja Bung Imam, itu penyakit orang bule gak mau susah, kalau full range atau mau di bi amp, tapi bikin suara gak bagus. Bung ganti kabelnya sekalian Bung, jangan percaya begitu aja sama pabrik..
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 7:26 am  im4m_okee
Ah sekalian nanya.... apakah konektor speakonnya mesti di ganti juga...? mana lebih baik pake soket / skun kabel ke speaker atau solder langsung. Kalo kabelnya di ganti pake standard kabel audio bening yang beredar di pasaran gimana? jadi permasalahan sering lepas kabel itu karena kabelnya norak ya mas...?
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 7:45 am  Emir Widya
Bukan karena kabelnya norak Bung Imam, tapi ini kabel listrik mobilnya Bung Imam, ini kabel tembaga lapis seng, suaranya sangat tajam dan tanpa mid low yang baik. Jangan pakai kabel bening Bung, pakai saja kabel speaker hi fi, tapi cari yang cocok ya.

Kenapa kabel bening jangan di pakai? Karena kebanyakan kabel bening kualitasnya rendah, dan tidak bagus sama sekali, cepat menghitam karena oksidasi. Speakon lebih aman Bung, pakai saja speakonya (asal jangan yang Cina ya).
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 10:39 am  Nico Endra
wah ini dia ... saya kemarin nyambung 2 elko PSU dengan kabel Bening...
sepertinya kudu diganti itu yah mas..emir...
kalau saya ganti caps..trus pcb ngelupas jalurnya itu karena apa yah kawan2...
atau saya yg belum jago nyolder jadinya spt itu karena kepanasan pcbnya..?
thx
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 10:55 am  Emir Widya
Ganti saja Mas Nico, gampang sekali teroksidasi kabel itu Mas.
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 1:49 pm  im4m_okee
Kang emir kayanya kang emir nagkepnya speaker rumah atau mobil ya...? kalo mobil ...hiks belon punya.

kasus ini menimpa speaker jbl mpro 225, di drive pake power cress audio 4801.
satu chanel saya pake satu speaker,
Nah sering banget lepas dan goyang kabel yang dari speakor ke x-overnya itu.
Atau sama kasus sebenernya...? kabel campur seng, sehingga transfer tenaga abis di jalan, menyebabkan panas, dan terjadilah timah solderan meleleh...?
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 7:50 pm  Emir Widya
Bukan Bung saya tahu itu pasti seri MPRO, seharusnya tidak demikian Bung, solder Bung Imam pakai apa? Goot yang pistol? Timahnya apa? Apa speakonnya dibersihkan dulu tidak sebelum disolder?
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 8:25 pm  Roni_b.mayor
kabel yang benar2x memenuhi standart, bagi pemilik ss menengah bawah kadang dirasa cukup mahal... sebenarnya harga menjadi nomor dua klo mau hasil bagus. cuma sayangnya kabel seperti itu tidak beredar didaerah sehingga tidak bisa dibeli bertahap.

karena tidak mungkin orang daerah ke jakarta misalnya hanya untuk membeli 25 meter kabel speaker. Smile Smile
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 8:58 pm  Emir Widya
Lho Mas, saya punya stok kok di rumah Mas..
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 9:06 pm  Roni_b.mayor
iya pak, tapi semua kabel speaker saya ya pake kabel listrik pak merk federal singapure, klo mo diganti bertahab, kan nggak mungkin tiap bulan ke bandung beli sedikit kabel pak..?
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 9:10 pm  Emir Widya
Ha6x.. wong saya juga masang pake kabel listrik kok Mas, ya konsumen sanggupnya beli itu? Tapi kabel listrik saya spesaial Mas, tahan sinar UV, sudah ROHS lagi Mas, 4 x 2,5 mm Mas.
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 9:23 pm  Roni_b.mayor
tapi akhirnya jadi ngga beda pak .. kabel speaker nya itu ....kabel listriknya juga sama.ha3x
cuma setahu saya kabel ini cukup bagus.. tidak kaku (cukup lentur), dari tembaga, dan sudah bertahun-tahun tak pakai tdk teroksidasi...yang buat sub sya pakai 2x2,5 ...yang buat fullrange saya pakai 2x1,5mm soalnya saya pikir wattnya lebih kecil...
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 9:26 pm  Emir Widya
Tidak Mas, yang membuat bagus bukan cuma tidak kaku, tetapi besarnya diameter serabut Mas, kabel yang saya pakai serabutnya halus Mas, sama juga tidak mudah teroksidasi. Seharusnya, kabel speaker kelau perlu 4x4 mm semua Mas.. lebih bagus hasilnya Mas.
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 9:43 pm  Roni_b.mayor
oh..ya pak emir ini juga halus serabutnya , cuma yang saya nggak habis pikir ukukan 2,5nya itu lebih kecil dari 2,5 kabel biasanya, memang sih nggak tertulis 2,5 saya lupa tulisanya(sudah terhapus).
yang 4x4 itu kita bicara kbl listrik atau kbl speaker pak ? klo gak salah kabel yang saya pakai 4x4 nya itu per 50meter sekitar 1,1jt saya pakai buat genset 20kva ( kurang gede yah ?)
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 10:20 pm  Emir Widya
Ah kok murah Mas kabel gensetnya? Itu 3 fasa kan Mas, cukup lah 4x4 mm Mas. Kabel speaker Mas, kalau perlu pakai yang 4x4 mm. Mogami mengeluarkan kabel speaker sampai 4x4 mm, ini kabel speaker terbaik dan termahal yang pernah saya pake Mas.

http://www.mogami.com/e/index.html

Mas ukur 2,5 mm itu diameter keseluruhan isi kabel atau plus jaketnya si kabel? Mas kabel lokal kita jaketnya aja yang tebel, isinya banci semua Mas.
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 11:05 pm  im4m_okee
Baru ol kang.... dibersihkan kang pake amplas segala. Solder pake goot yang pistol.... timahnya itu.... pake pancing. Abis kejadiannya on the show mulu. Dan selalu ketinggalan timah. Nah pas udah di taro, udah males aja bongkar. Btw kalo pake kabel speaker canare aja gantinya gak papa toh...? tapi canare yang segede pensil, bukan yang besar.

Cari kabel listrik di mari, paling banter cuma supreme tuh kang. Masih jauh lebih baik di banding eterna yang cepat hitam, dan lumayan lebih lentur. Kalo yang federal adanya yang ukuran 1,5.
Re: Menyolder kabel
Post on Tue May 04, 2010 11:13 pm  Roni_b.mayor
ya pak 4x4 3 phase. sory yang 2,5mm keatas merknya udah OYAMA tapi kabel memang sama, katanya itu satu pabrik. yang mogami saya belum mampu beli pak..

saya ukur kabel isinya pak, jaketnya yang ini nggak tebel...
btw klo sekelas kabel speaker yang soundking & sekelasnya itu bisa dipakai pak ? kelihatanya cukup terjangkau...
Re: Menyolder kabel
Post Today at 2:54 am  Sponsored content
 

Menyolder kabel

View previous topic View next topic Back to top 

Page 3 of 5Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Lain-Lain-
Jump to: