Solfegio Forum

SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE
WWW.SOLFEGIO.COM

Silahkan registrasi/daftar ulang
Solfegio Forum

www.solfegio.com

SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang

Statistics

Total 81651 kiriman artikel dari user in 4361 subjects

Total 8225 user terdaftar

User terdaftar terakhir adalah andriano setiawan

Iklan

Donasi

Klik disini untuk info transfer antar bank!

Paypal

Banner

Copy Paste code di bawah ini dan tampilkan di web/blog Anda.

<a href="http://www.solfegio.com/" target="_blank" title="www.solfegio.com "><img src="http://www.solfegio.com/banner/blog.gif" border="0" alt="www.solfegio.com "></a>



    Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Share

    Mas Begawan
    Mulai Betah
    Mulai Betah

    Male Jumlah posting: 87
    Join date: 03.08.09
    Lokasi: Blora, Jateng, Indonesia

    Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Mas Begawan on Tue May 25, 2010 9:59 am

    Mohon bantuan teman 2 x di SF bagaimana caranya menggulung trafo IT dan OT untuk Amplifier 100 Watt Model TOA .......

    indra_co_maniz
    Moderator
    Moderator

    Male Jumlah posting: 10862
    Join date: 12.04.09
    Lokasi: Tangerang - Jakarta,

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by indra_co_maniz on Tue May 25, 2010 10:32 am

    hee.. kalau beli jadi harganya berapa yah Wink jangan-jangan lebih murah beli jadi. hee..

    pakde
    Makin betah
    Makin betah

    Male Jumlah posting: 204
    Join date: 18.10.09
    Age: 33
    Lokasi: Bantul

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by pakde on Tue May 25, 2010 10:35 am

    betul mas, mending beli ampli toa, kalau buat sendiri suara cacat. apa saya yang ga bisa seting Kedip

    Mas Begawan
    Mulai Betah
    Mulai Betah

    Male Jumlah posting: 87
    Join date: 03.08.09
    Lokasi: Blora, Jateng, Indonesia

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Mas Begawan on Tue May 25, 2010 8:27 pm

    Ha...ha...ha... kalau beli dah selesai...diskusinya........
    Soalnya kebetulan masih punya OT 100 watt,...Cuma nggulung IT nya ndak Bisa....
    Speaker Horn/Membran Toa ditempat kami memang sangat dibutuhkan utk Pentas Tayub / barong, sayang nggak ada yg jual IT, kalau kawat email komplit dari 0,1 - diatas 1mm ...makanya tolong beritahu caranya sedikit aja...bos!!!!!!!!!!!!

    haris
    Ngejar Bintang 5
    Ngejar Bintang 5

    Male Jumlah posting: 536
    Join date: 20.05.09
    Age: 50
    Lokasi: Jakarta

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by haris on Wed May 26, 2010 8:21 am

    Pake IT 191 kan pasaran tu mas. . .

    Fazar
    Makin betah
    Makin betah

    Male Jumlah posting: 126
    Join date: 13.04.10
    Age: 32
    Lokasi: Kampungpandan-Pasr. Jatim

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Fazar on Wed May 26, 2010 10:25 pm

    Klu pake IT 191 wattnya ga sampe 100 pak
    terus trafo aslinya kan msh ada klu da rusak tgl bongkar trs hitung jml lilitannya
    skrng kondisi powernya toa nya gmana da rusak apa suara cacat ya?

    gwendy
    Moderator
    Moderator

    Male Jumlah posting: 3023
    Join date: 28.06.09
    Age: 41
    Lokasi: Rantepao Tator Sulawesi Selatan

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by gwendy on Thu May 27, 2010 7:47 am

    IT 191 pake watt ? OT426 kali hehe
    IT 191 terlalu kecil untuk dorong TR D313 atau sebangsanya di driver TOA
    biasanya saya pake IT426 tapi keknya sd gak jual lagi deh.
    kerena TOA gak terlalu menuntut bandwith maka cara berikut boleh dipakai.
    cari kerb bekas trafo 300ma. buka semua lilitannya .
    sediakan kemail 0,2 mm.
    untuk primer 200 lilit dan sekunder 2X80 lilit.
    semoga membantu.
    hihi kayak mo bikin lagi modulator AM 80 meteran . Very Happy

    Mas Begawan
    Mulai Betah
    Mulai Betah

    Male Jumlah posting: 87
    Join date: 03.08.09
    Lokasi: Blora, Jateng, Indonesia

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Mas Begawan on Wed Jun 02, 2010 11:36 am

    Trims mas Gwendy, saya dah menangkap saran anada ,jawaban itu yang aku tunggu......
    Ok mau aku coba.....

    ksijuwana
    Mulai Betah
    Mulai Betah

    Male Jumlah posting: 43
    Join date: 03.07.10
    Age: 46
    Lokasi: Juwana - Pati - Jawa Tengah

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by ksijuwana on Tue Jul 20, 2010 12:37 am

    sdh dijawab mas gwendy, lilitan sekunder berfungsi sebagai pembalik fasa jk melilitnya salah jadinya sefasa, suara tidak keluar/sangat cacat. bisa juga pakai trafo IT kecil (IT191) trus tr penguat akhir diberi driver/pendorong tr yg lebih kecil dipasang darlington.

    indra_co_maniz
    Moderator
    Moderator

    Male Jumlah posting: 10862
    Join date: 12.04.09
    Lokasi: Tangerang - Jakarta,

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by indra_co_maniz on Tue Jul 20, 2010 6:48 am

    ada gambarnya ndak ? Very Happy

    hanz
    Makin betah
    Makin betah

    Male Jumlah posting: 158
    Join date: 16.07.10
    Age: 29
    Lokasi: ngawi jawa timur

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by hanz on Tue Jul 20, 2010 7:41 am

    Mas Begawan wrote:Ha...ha...ha... kalau beli dah selesai...diskusinya........

    sip.......beli kalau udah menyerah,made in toko hasil bagus dah biasa,made in dewe bagus tu baru luar biasa....kita asah kretifitas bersama dan budaya " akal mengakali " terus digalakkan....saatnya membuat singkong rasa keju.Pasti semuanya setuju.Salam
    ide Applause

    ksijuwana
    Mulai Betah
    Mulai Betah

    Male Jumlah posting: 43
    Join date: 03.07.10
    Age: 46
    Lokasi: Juwana - Pati - Jawa Tengah

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by ksijuwana on Wed Jul 21, 2010 1:37 pm



    Uploaded with ImageShack.us


    R1 dicoba2 (eksperimen) sampai arus emitor antara 15 - 25 mA (salah satu solderan Re dilepas dan dihubungkan ke alat ukur mA DC). Berdasarkan pengalaman jk IRe kecil suara cacat (serak) tp transistor tdk panas, jk IRe besar besar suara bagus tp TR panas.

    @mas Indra: maaf mas gmbr jelek, meniru skema amplifier TOA Mobil 30 W, sdh kami praktekan sekitar tahun 86.

    @Begawan: untuk mencapai daya 100 Watt, TR 3 dan 4 ditambah 1 pasang

    Yudis
    Makin betah
    Makin betah

    Male Jumlah posting: 139
    Join date: 23.04.10
    Age: 30
    Lokasi: kaltengah-MOJO

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Yudis on Thu Jul 22, 2010 10:26 am

    Trafo OT nya Pake apa atau cara buatnya gimana
    pertanyaan kedua Apakh Rangkain Power OCl bisa ditambahi degan rangkaian ini ?trims

    Tewel
    Makin betah
    Makin betah

    Male Jumlah posting: 218
    Join date: 31.07.09
    Age: 38
    Lokasi: Bekasi

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Tewel on Thu Jul 22, 2010 11:06 am

    Seperti yg udah pernah disinggung Mas Tommy, pelilitan OT/IT berbeda dg lilitan Trafo PSU, yaitu dengan Lilit 1 lapis primer diisolasi, kemudian ditimpa lilitan sekunder lalu diisolasi lagi kemudian primer lagi dililit dst..
    Informasinya untuk mendapatkan respon freq yng lebar.

    Tewel
    Makin betah
    Makin betah

    Male Jumlah posting: 218
    Join date: 31.07.09
    Age: 38
    Lokasi: Bekasi

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Tewel on Thu Jul 22, 2010 11:14 am

    ksijuwana wrote:
    R1 dicoba2 (eksperimen) sampai arus emitor antara 15 - 25 mA (salah satu solderan Re dilepas dan dihubungkan ke alat ukur mA DC). Berdasarkan pengalaman jk IRe kecil suara cacat (serak) tp transistor tdk panas, jk IRe besar besar suara bagus tp TR panas.
    R1 diganti TRIMPOT saja mas 50K diseri dengan R 8K2 ohm.

    ikhsanudin
    Anggota Baru
    Anggota Baru

    Male Jumlah posting: 8
    Join date: 05.03.10
    Age: 34
    Lokasi: Lampung

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by ikhsanudin on Thu Jul 22, 2010 11:43 am

    jika kita memakai catu tegangan besar kita tidak perlu trafo it untuk toa, cukup pasang aja trafo penyesuai impedansi antara speaker toa dengan powr amplifier, misal dari 8 ohm ke 16 ohm

    hoho
    Udah bintang 3 lho
    Udah bintang 3 lho

    Male Jumlah posting: 362
    Join date: 14.07.09
    Age: 30
    Lokasi: kebumen

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by hoho on Thu Jul 22, 2010 11:45 am

    trafo OT ini tetep kudu bikin sendiri kah?

    atau ada dipasaran? jangan2 sampai 100k yah sama aja deh Siul


    trus trafo impedansi ada penampakknya ga nih mas?

    indra_co_maniz
    Moderator
    Moderator

    Male Jumlah posting: 10862
    Join date: 12.04.09
    Lokasi: Tangerang - Jakarta,

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by indra_co_maniz on Thu Jul 22, 2010 12:26 pm

    ada dipasaran ho Smile tapi amplinya juga harus sama...

    Roni Sholahudin
    Mulai Betah
    Mulai Betah

    Male Jumlah posting: 65
    Join date: 26.10.09
    Age: 37
    Lokasi: Ulujami Pemalang

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Roni Sholahudin on Thu Jul 22, 2010 1:08 pm

    output Sama-sama bentuk arus mbolak-mbalik, mengapa OCL tidak cocok untuk speaker PA ya? Atau jangan jangan cocok juga?

    Tewel
    Makin betah
    Makin betah

    Male Jumlah posting: 218
    Join date: 31.07.09
    Age: 38
    Lokasi: Bekasi

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Tewel on Thu Jul 22, 2010 1:21 pm

    Mas Roni@
    Intinya bedanya di tegangan Output lebih tinggi sama Filter BPF (untuk medium/Vokal speech kira2 350Hz-5KHz). Bener gak Mod?

    indra_co_maniz
    Moderator
    Moderator

    Male Jumlah posting: 10862
    Join date: 12.04.09
    Lokasi: Tangerang - Jakarta,

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by indra_co_maniz on Thu Jul 22, 2010 1:30 pm

    Filter BPF (untuk medium/Vokal speech kira2 350Hz-5KHz).

    ini iya Very Happy

    Intinya bedanya di tegangan Output lebih tinggi
    kalau ini relative Very Happy saya belum tahu bisa seberapa tinggi...

    Roni Sholahudin
    Mulai Betah
    Mulai Betah

    Male Jumlah posting: 65
    Join date: 26.10.09
    Age: 37
    Lokasi: Ulujami Pemalang

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Roni Sholahudin on Thu Jul 22, 2010 1:40 pm

    Tewel wrote:Mas Roni@
    Intinya bedanya di tegangan Output lebih tinggi sama Filter BPF (untuk medium/Vokal speech kira2 350Hz-5KHz). Bener gak Mod?

    Tanks to Mas Tewel. Bagaimana kalau semisal OCL di bagian depannya dikasih BPF tambahan, misal semacam tone control yang sudah di paten biar meloloskan antara 350Hz-5KHz, apakah bisa di sejajarkan dengan system OT?

    indra_co_maniz
    Moderator
    Moderator

    Male Jumlah posting: 10862
    Join date: 12.04.09
    Lokasi: Tangerang - Jakarta,

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by indra_co_maniz on Thu Jul 22, 2010 1:47 pm

    sistemnya iya Very Happy outnya belum tentu...

    Tewel
    Makin betah
    Makin betah

    Male Jumlah posting: 218
    Join date: 31.07.09
    Age: 38
    Lokasi: Bekasi

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Tewel on Thu Jul 22, 2010 2:15 pm

    Impedansi Output Ampli penting.. karena speakernya rata2 memakai impedansi 16ohm, dan diatasnya lagi (bervareasi beda ama SS Home use, yg rata renadah 4 dan 8 ohm), biasanya karena pemakaian OT seperti yg baru dibahas temen2 cara bikinnya..

    Mas Begawan
    Mulai Betah
    Mulai Betah

    Male Jumlah posting: 87
    Join date: 03.08.09
    Lokasi: Blora, Jateng, Indonesia

    Re: Membuat IT dan OT untuk Amplifier 100watt model TOA

    Post by Mas Begawan on Thu Jul 22, 2010 8:36 pm

    ksijuwana wrote:

    Uploaded with ImageShack.us


    R1 dicoba2 (eksperimen) sampai arus emitor antara 15 - 25 mA (salah satu solderan Re dilepas dan dihubungkan ke alat ukur mA DC). Berdasarkan pengalaman jk IRe kecil suara cacat (serak) tp transistor tdk panas, jk IRe besar besar suara bagus tp TR panas.


    @Begawan: untuk mencapai daya 100 Watt, TR 3 dan 4 ditambah 1 pasang

    Trims , bahasan teman-teman..., ampli saya dah bunyi,.....sekarang mo saya benahi lagi biar buanter / Lantahannnngggg....., untuk persiapan Job Tayub tgl 5 dan 6 Agustus,...Salam untuk rekan Semuanya... Saran / penjelasan/dukungan dari teman berikutnya sangat saya harapkan....
    Maaf kalau memang kita pecinta Electronica sejati jangan keburu beli kalau sebelum menyerah....untuk merakitnya..!!!!! ..lanjutttsss!!!!

      Waktu sekarang Thu Apr 24, 2014 10:26 am