Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Gondang (Taganing, Uning-uningan, Sarune, Hacapi)

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2
AuthorMessage
frenkytambunan
Teknisi SF


Male Jumlah posting : 96
Join date : 2009-04-08
Age : 32
Lokasi : My Lovely city... Bekasi... Timur...

PostSubject: Gondang (Taganing, Uning-uningan, Sarune, Hacapi)   Thu May 28, 2009 9:58 pm

First topic message reminder :

Kayanya di Section Musik Tradisional sepi amad... cuma satu lagi topiknya... aku tambahin ah biar ada temennya... siapa tau jadi rame... cheers

AKu mau tanya kepada temen2 yang sudah / paling tidak pernah memainkan salah satu alat perkusi dari Gondang... ada yang tau ngga gimana cara memainkannya??? perlu latihan khusus ngga??? soalny pernah nyoba, tapi gagal terus... stres pengen tau supaya bisa memainkannya... maklum dah lahir di Jakarta, dan jarang2 ketemu ma yang beginian...

Hayo silahkan... siapa yang berkenan mau membagikan ilmunya...??? Ampun Ampun Ampun
Back to top Go down
http://www.baruara.com

AuthorMessage
henry ralwin nababan
Mulai Betah


Jumlah posting : 21
Join date : 2009-04-23

PostSubject: Re: Gondang (Taganing, Uning-uningan, Sarune, Hacapi)   Tue Jun 23, 2009 2:26 pm

cukup panjang.. tp sgt bagus n nambah wawasan. tq mauliate
Back to top Go down
imad.elbass
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 47
Join date : 2009-07-14
Age : 37
Lokasi : kota bengkulu

PostSubject: Re: Gondang (Taganing, Uning-uningan, Sarune, Hacapi)   Tue Jul 14, 2009 12:10 pm

tertarik ma suling N numpang tanya2: untuk menentukan nada dasar dari suling apakah tergantung pada besar ato kecil bambu yang digunakan ?
Back to top Go down
henry ralwin nababan
Mulai Betah


Jumlah posting : 21
Join date : 2009-04-23

PostSubject: Re: Gondang (Taganing, Uning-uningan, Sarune, Hacapi)   Tue Jul 14, 2009 5:56 pm

Menurut yg sy tau: yg menentukan tinggi rendah nada sulim adalah jarak lobang tiup
Dgn ujung sulim, semakin pendek jaraknya semakin tinggi nadanya dan sebaliknya.
Panjang pendek jaraknya otomatis dipengaruhi besar kecil bambunya.
Biasanya. Nada dasar C-D-E-F-...dst ukurannya semakin kecil. Tp utk C & D bisa pake yg besar bisa kecil,
Kalo besar agak cape niupnya kalo kecil suaranya agak melengking tergantung yg mainkan aja.
Maaf kalo bahasanya marsamburetan..
Ditambai angka dongan..mauliate
Back to top Go down
ferry siregar
Admin
Admin


Male Jumlah posting : 487
Join date : 2009-09-16
Age : 33
Lokasi : SEDERHANA 10 MEDAN - SUMATERA UTARA

PostSubject: Re: Gondang (Taganing, Uning-uningan, Sarune, Hacapi)   Sun Mar 07, 2010 8:31 pm

@ihutm wrote:
Ya, mas Indra .... dalam aliran kepercayaan "Parmalim" (sama seperti sy pernah ngalami waktu di Jawa), irama ritmis dgn tempo yg lambat dan biasanya bermain di frekwensi mid-low bahkan low, sering dipakai sebagai media yug membuat satu objek entrance (kesurupan). Secara ilmiah disebut sbg effect Beta (ada yg bilang Teta, terserahlah), tapi prinsipnya sama dgn kondisi meditasi dibawah alam sadar.
Nah yg menjadi masalah adalah 'karena MUSIK (LAGU) ini sering dipakai dalam ibadah kepercayaan (yg sering ditding animisme' maka MUSIK (LAGU) itu jadi ikut dimusuhi...walllahh, sy nggak enak kalau harus diskusi ttg ini, ntar nyasar... tapi prinsipnya itulah... Gondang ini bisa dibuat menjadi media utk entrance ....... iiihhhhh

OM ihut upload dong sample lagu2 parmalim itu, ferry jadi penasaran, sebenarnya itu di akibatkan rasa dalam memainkan alat musik sehingga pendengar bisa terbawa ke alam sadar atau karena faktor lain ya om. manatau ferry bisa mempelajarinya atau abang 2 yg lain kl punya dan mengerti tentang itu mohon di shared ya. mauliate keyboard
Back to top Go down
http://ferrysiregar.wordpress.com
Sponsored content




PostSubject: Re: Gondang (Taganing, Uning-uningan, Sarune, Hacapi)   Today at 5:23 am

Back to top Go down
 
Gondang (Taganing, Uning-uningan, Sarune, Hacapi)
View previous topic View next topic Back to top 
Page 2 of 2Go to page : Previous  1, 2

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Diskusi Umum :: Musik Tradisional-
Jump to: