Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search


Share | 
 

 Cara Buat Transformator (Trafo)

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2, 3  Next
AuthorMessage
ferry siregar
Admin
Admin


Male Jumlah posting : 487
Join date : 2009-09-16
Age : 33
Lokasi : SEDERHANA 10 MEDAN - SUMATERA UTARA

20100703
PostCara Buat Transformator (Trafo)

Buat bang ADMIN, Moderator dan Saudara2 saya yg di SOLFEGIO
saya mau tanya gimana sich cara buat trafo,, bahan apa aja yg di perlukan dan... cara penggunaanya
sehingga menghasilkan Trafo yg Murni... Terima kasih

Maaf sEebelumnya saya tidak tahu sama-sekali mengenai Electronic... ide
Back to top Go down
http://ferrysiregar.wordpress.com
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

Cara Buat Transformator (Trafo) :: Comments

Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Sat Jul 03, 2010 2:18 pm  Yassud
ferry siregar wrote:

1 -cara buat trafo,,
2 -bahan apa aja yg di perlukan dan...
3 -cara penggunaanya
4 -menghasilkan Trafo yg Murni... Terima kasih
5 -tidak tahu sama-sekali mengenai Electronic... ide

Sekalian jenis trafonya mas dan peruntukannya dimana. Very Happy
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Sat Jul 03, 2010 4:07 pm  ferry siregar
jenis trafonya untuk power amps om yassud... terserah mau jenis donat maupun kotak yg jaman dulu... pingin belajar dasar2 pembuatannya om... Very Happy
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Sun Jul 04, 2010 10:47 pm  dindindin
Saya nemu tulisan di arsip saya seperti berikut, Saya sendiri belum faham betul dan belum pernah buat.. Very Happy

Cara pembutan transfomer ( trafo ) :
Pertama : Tentukan VA trafo :
contoh : Kita akan membuat trafo dengan tegangan 2 x 32 volt, 5 Ampere. Daya sekunder : 2 x 32 x 5 = 320 VA. Daya primer : 1,25 x 320VA = 400VA.

Kedua : Menghitung berat kern
:
Berat kern ( gram ) = 1,5 x daya primer x 7,8 = 1,5 x 400 x 7,8 = 4680gr=4,68kg.

ketiga :Menghitung inti besi.
b = akar 3 dari (( 1,5 x daya primer)dibagi 9,9) = 3,92cm ( 4cm dibulatkan ).
h = b/0,6561 = 6cm.
Luas penampang ( A ) = b x h = 4 x 6 = 24 Cm2.

Keempat : Menentukan Jumlah lilitan per volt
: 50/A ( luas penampang ) = 50/24 = 2,08 = 2lilit /volt. * Kelima : Menentukan Diameter Tembaga : 0,7 x akar 2 dari arus .
》Diameter sekunder = 0,7 x akar 5= 1,56 mm. Diameter primer = 0,7 x akar 1,82 = 0,94mm. 》1,82 = 440va/220volt


Last edited by Antoni Pasaribu on Sun Jul 04, 2010 10:51 pm; edited 1 time in total (Reason for editing : rapiin)
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Sun Jul 04, 2010 11:29 pm  ferry siregar
makasih mas dindin untuk infonya.. tapi cara pembuatannya gimana ya ( proses) nya.. hehhehehe maklum saya sama sekali gak ngerti elektronik.. Very Happy
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 7:02 am  indra_co_maniz
mungkin bisa dibantu link yutupnya Wink
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 7:15 am  ferry siregar
@ mas indra.. kalau ada link.. bantu ferry ya.. pingin belajar elektronik... walau dari dasar.. tapi blm ada thread untuk belajar dari dasar.. Sad
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 7:19 am  indra_co_maniz
kemarin dah dapet linknya tapi untuk trafo gardu gantung PLN Sad nanti dicari lagi yg toroid atau EI yg biasa untuk audio...
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 7:20 am  ferry siregar
Terima kasih banyak mas indra..... cheerleader
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 7:34 am  indra_co_maniz
http://www.youtube.com/watch?v=qq-khVM4OJA&NR=1

mini toroid...
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 7:37 am  ferry siregar
sekali lagi makasih banyak mas iNDRA.. NIH saya lagi nuka link dan coba download pelajarannya..... Very Happy goyang cheerleader
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 8:39 pm  lue
kalo trafo model toroid ga punya mesin gulungnya jadi susah. dengan manual kayak menyulam atau merenda. keren toroid juga susah dicari dgn ukuran sesuai yg diinginkan.

kalo yg model kotak lebih gampang gulung sendiri, alat gulungnya yg manual banyak yg jual.
kayak gini...........



saya gulung trafo perhitungannya cuma sederhana saja :
* volt x 2 + 10%
misal :
* 220v x 2 + 10% = 440 + 10% = 484 gulungan.

untuk koker saya pergunakan pcb dgn lapisan tembaganya saya hilangkan dulu.
desainnya seperti huruf I dan huruf O kotak, ukuran disesuaikan dgn keren yg akan digunakan.
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 9:18 pm  dotcom_gea
Saya pengen ngegulung sendiri juga toroid tapi sampe sekarang masih pusing itung2annya, volt/turn niru2 dari toroid.com tapi masih bingung mau pake kawat AWG no.berapa untuk primer dan no. berapa untuk sekundernya? mohon infonya jika ada yang tau.

Nih salah satu linknya yang masih bikin saya pusing untuk hitung2annya:
http://how-to.wikia.com/wiki/How_to_build_a_transformer_or_inductor
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 9:30 pm  kloengsoer
Wah, dekat pabrik ERA,

saya juga ada trafo toroid sudah gosong, ditukang wekel (gulung) sudah lama juga belum jadi sekoci/teropong nya mirip huruh H secara manual, kalau pakai mesin seperti apa ya ?
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Mon Jul 05, 2010 9:47 pm  dotcom_gea
kloengsoer wrote:
Wah, dekat pabrik ERA,

saya juga ada trafo toroid sudah gosong, ditukang wekel (gulung) sudah lama juga belum jadi sekoci/teropong nya mirip huruh H secara manual, kalau pakai mesin seperti apa ya ?

Wuihh...mantap caranya mbah, nih salah satu linknya :

Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Tue Jul 06, 2010 4:22 am  ferry siregar
Wahhh sangat bermanfaat apa yang di berikan Bang MOMOD ma SOLFERS. Terima Kasih SOLFEGIO... ide
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Tue Jul 06, 2010 10:54 am  dindindin
Wuih.. mantaff, saya ikut belajar ... ide
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Thu Jul 08, 2010 10:29 am  YUDHA BCS
ijin menyimak dulu........ study
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Thu Jul 08, 2010 10:44 am  ferry siregar
@ mas lue : untuk ukuran kotak pcb yang di potong, ukurannya berapa x berapa bang ???,, bisa di jelaskan lebih detail.. Very Happy ide
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post on Thu Jul 08, 2010 11:10 am  Tizz
Kalo yg ini bagaimana?
Http://cnt121.com/2010/02/08/transformator
cara gulungnya trafo donat bagaimana ya? Mikir
Re: Cara Buat Transformator (Trafo)
Post Today at 12:31 pm  Sponsored content
 

Cara Buat Transformator (Trafo)

View previous topic View next topic Back to top 

Page 1 of 3Go to page : 1, 2, 3  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Lain-Lain-
Jump to: