Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Perubahan Pada Open Air

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4  Next
AuthorMessage
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Tue Jul 13, 2010 10:43 am

First topic message reminder :

Saya sering memasang di mesjid2, gereja2 dan gedung2 umum dengan instalasi 70V atau 100V. Sistim TOA menggunakan sistem Public Adress berstandar 70V/100V bisa dipilih. Power amply 4Ω atau 8Ω harus disesuaikan ke mode 70Vatau 100V dengan matching transformer. Kalau amplynya 100watt maka trafonya harus dipasang yang 100 watt juga, disesuaikan dengan impedansi dan daya amply. Untuk mendapatkan trafo matching di Glodok ada beberapa toko yang menjual, biasanya ditokonya terlihat banyak horn speakernya, atau pesan ketukang gulung trafo yang ahli menggulung matching trafo.

Loudspeaker corong juga bisa dipilih inputnya standar 70V atau 100V, dan dayanya bisa diturunkan. Misalnya corong 30watt bisa diturunkan ke 20w,10w,5w atau 3w tergantung type matching transformer yang terpasang di corong itu. Amply safari tegangan outputnya lebih rendah dari tegangan supplynya itu sudah pasti, makanya tanpa matching trafo suaranya pasti mendem. Ada masalah besar, Amply safari specnya bohong, kalau kita pasang trafo yg wattnya sesuai spec tertulis pasti mendem juga suaranya. Dengan tegangan supply ±45V outputnya hanya sekitar 120Watt. Jadi harus pilih trafo matching yang 120watt/4Ω, sesuai dengan amplynya.

Untuk pemasangan speaker sangat mudah, speaker dianggap sama dengan lampu listrik. Sesuaikan tegangan input dengan standar trafo yang digunakan di amply, 70V atau 100V dan sesuaikan output masing2 speaker, kalau terlalu keras sehingga tak seimbang dengan yang lain diturunkan setelan wattnya hingga didapat level suara yang cukup. Kita boleh pasang speaker sebanyak batas kemampuan amply. Dalam hal ini amply berdaya 120 watt, jika speaker kita set pada daya masing2 30watt, berarti kita hanya boleh memasang sebanyak 4 buah saja. Pemasangan corong (horn) diluar mesjid usahakan ditempat tertinggi (dimenara) agar yang jauh bisa mendengar jelas, warga yang didekat mesjid tidak sakit telinganya, speaker horn 30 watt itu sangat kuat suaranya, jangan samakan dengan speaker model box.

Kalau kita punya amply yang daya outputnya 1200Watt/4Ω kita tidak butuh matching transformer asalkan menggunakan standar 70V. Untuk standar 100V tanpa matching trafo amplynya harus berdaya 2600Watt/4Ω.

Menggunakan amply Safari dan OPEN AIR untuk sistem Publik Adress sangat beresiko, karena sering kejadian akibat isolasi kabel kurang baik, saat terkena hujan terjadi hubung singkat akibat air pada tegangan 100V. Untuk mencegah kerusakan pada amply Safari atau Open Air power amply sebaiknya dimodifikasi sedikit dengan tambahan sepasang transistor BD139/BD140 atau TIP31/TIP32 dan resistor 0,5Ω/5watt diganti dengan 0,1Ω/5Watt agar amply bisa tetap bekerja maksimum setelah ditambah rangkaian pengaman arus lebih ini. Fungsi pengaman ini, bila terjadi hubung singkat dikabel speaker, amply tidak terbakar tr finalnya, karena arus pada keempat transistor dibatasi maksimum 12 Amper.

Saya pernah pasangkan pada PCB open air rangkaian ini, kemudian ditest diberi sinyal musik hingga maksimal. lalu kabel kespeaker saya korsletkan selama 30 menit, sementara amply tetap dalam keadaan hidup dan bekerja maksimal. Setelah kabel speaker dilepas dari korslet, amply tetap berfungsi dengan baik.

Dibawah ini saya beri gambarnya, kalau tak muncul tolong diklik saja kotak dibawah. Semoga bermanfaat.



http://img804.imageshack.us/img804/5688/powerampocl400wprot.jpg
Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles

AuthorMessage
Tewel
Makin betah


Male Jumlah posting : 218
Join date : 2009-07-31
Age : 41
Lokasi : Bekasi

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Thu Jul 15, 2010 2:58 pm

kayaknya sih sering feedback waktu makai mic kecil (dg peniti), wattnya over kali, maklum mereka tinggal pakai doang..!
Saya test pakai VU dioutput PA memang overshoot.

Bukan karena petir maupun kena hujan.. sedotan arusnya memang agak besar.
Sempat saya pasang Fuse abal2(red. pakai kabel serabut he..he..) cepet putus..
Back to top Go down
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Thu Jul 15, 2010 5:34 pm

Tewel wrote:
kayaknya sih sering feedback waktu makai mic kecil (dg peniti), wattnya over kali, maklum mereka tinggal pakai doang..!
Saya test pakai VU dioutput PA memang overshoot.

Bukan karena petir maupun kena hujan.. sedotan arusnya memang agak besar.
Sempat saya pasang Fuse abal2(red. pakai kabel serabut he..he..) cepet putus..

Kalau melihat situasinya lebih baik R 5Wnya ganti pakai 0,22Ω, supaya total arusnya hanya pas disekitar 6A. Jadi bisa sedikit istirahat tidak usah dikerjai amply teru2an. 120W untuk Horn Speaker sudah sangat meriah.
Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles
Sableng
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 930
Join date : 2010-06-16
Age : 35
Lokasi : Batam rìau

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Thu Jul 15, 2010 7:18 pm

120w.Buat spk 18"ac. Apa gak (?) mas.
Back to top Go down
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Thu Jul 15, 2010 11:39 pm

Sableng wrote:
120w.Buat spk 18"ac. Apa gak (?) mas.

Kurang maknyos! Kalau 300W lumayan.

indra_co_maniz wrote:

btw, Vrms itu VAC dihitungnya dari ( + ke 0 ) atau dari ( + ke - )

+ ke 0 , kalau + ke - peak to peak.
Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles
Sableng
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 930
Join date : 2010-06-16
Age : 35
Lokasi : Batam rìau

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 1:18 am

Supaya jd 300w bgmana mas biar nyus nyus kayak blazer x8
Back to top Go down
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 1:38 am

Sableng wrote:
Supaya jd 300w bgmana mas biar nyus nyus kayak blazer x8


Cara aman, 2 power di mono bridge.

Kalau berani coba dengan catu ±70V 1 ch dulu, resiko ambrol tanggung sendiri.

Itu Blazer 300Watt dengan catu ±70V, kalau ±45V sama juga cuma 120W@4Ω.

Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles
Prastiyo
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 880
Join date : 2009-11-25
Age : 30
Lokasi : Jakarta selatan, mampang

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 1:42 am

70VAC yang kaluar dari trafo ya Pak?
Back to top Go down
Sableng
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 930
Join date : 2010-06-16
Age : 35
Lokasi : Batam rìau

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 1:44 am

Kalo driver 45v sedang fìnal 65v gmana mas berapa wattnya (rms yah)
Back to top Go down
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 2:52 am

Prastiyo wrote:
70VAC yang kaluar dari trafo ya Pak?

Setelah jadi DC, dari tarfo 50~55VCT.

Sableng wrote:
Kalo driver 45v sedang fìnal 65v gmana mas berapa wattnya (rms yah)

Hasilnya tetap seperti dengan catu ±45V dong. Karena finalnya cuma emiter follower, mengikuti tegangan input, cuma arusnya yg diperkuat.
Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles
Sableng
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 930
Join date : 2010-06-16
Age : 35
Lokasi : Batam rìau

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 3:00 am

Kan 45 vac pak. Bukan DC.
Back to top Go down
Prastiyo
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 880
Join date : 2009-11-25
Age : 30
Lokasi : Jakarta selatan, mampang

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 3:17 am

Supaya persepsinya sama.

Supply kit driver = 45VAC atau sama dengan ± 60VDC
Supply final transistor = 55VAC atau sama dengan ± 73VDC
Tegangan di atas keluar dari trafo 10A
Anggap saja ini untuk menyupply power 400watt pasaran seperti Open Air atau Blazer misalnya.
Hasilnya bagaimana Pak?
Back to top Go down
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 3:34 am

Sableng wrote:
Kan 45 vac pak. Bukan DC.

DCnya jadi ±63VDC outputnya kira2 250W@4Ω

Prastiyo wrote:
Supaya persepsinya sama.

Supply kit driver = 45VAC atau sama dengan ± 60VDC
Supply final transistor = 55VAC atau sama dengan ± 73VDC
Tegangan di atas keluar dari trafo 10A
Anggap saja ini untuk menyupply power 400watt pasaran seperti Open Air atau Blazer misalnya.
Hasilnya bagaimana Pak?

Kalau di Open Air jadi 230W@4Ω.
Di Blazer jadi 230W@4Ω juga, kecuali R100Ω/5W yg terhubung kejalur speaker diperbesar menjadi sekitar 220Ω outputnya menjadi 400W@4Ω.
Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles
Prastiyo
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 880
Join date : 2009-11-25
Age : 30
Lokasi : Jakarta selatan, mampang

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 3:48 am

Oh gitu Pak,
Dengan memperbesar R tersebut apa ada dampak negatifnya Pak?
nanti saya sampai rumah tak lihat2 dulu R 100 ohm letaknya di mana hehe..
R 100 ohm itu pada Open Air ya Pak?
Back to top Go down
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 4:06 am

Prastiyo wrote:
Supaya persepsinya sama.

Supply kit driver = 45VAC atau sama dengan ± 60VDC
Supply final transistor = 55VAC atau sama dengan ± 73VDC
Tegangan di atas keluar dari trafo 10A
Anggap saja ini untuk menyupply power 400watt pasaran seperti Open Air atau Blazer misalnya.
Hasilnya bagaimana Pak?


Dampak negatipnya belum tahu, karena baru dalam teori hitungan, belum diuji coba. Bukan di OPEN AIR tapi di Blazer R100Ω/2W. Dalam gambar dibawah ini R yang diberi warna merah.
Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 4:26 am

indra_co_maniz wrote:
sudah saya ralat Very Happy sebaiknya tetap di coret atau langsung hapus mas ?

Dari sini akhirnya ketemu juga, ibarat di majalah MOMOD adalah Redaktur. Setiap anggota bisa menuliskan idenya, bila ada yang salah dalam menuliskan idenya MOMOD yang bisa memperbaiki. Kalau Momodnya tidak cerdas, pasti banyak tulisan2 yang ngawur tanpa perbaikan sama sekali.

Terimakasih MOMOD Indra. Mantap
Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 7:04 am

tommy nulis: Kalau Momodnya tidak cerdas, pasti banyak tulisan2 yang ngawur tanpa perbaikan sama sekali.
=> tidak hanya cerdas, namun memahami masalah Applause

BTW kalau di OCL pasaran 330o/2w sudah maksimalkah?
Back to top Go down
Sableng
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 930
Join date : 2010-06-16
Age : 35
Lokasi : Batam rìau

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 8:34 am

Baru liat skemanya. study kalo gambar skema di atas yg warna kunìng untuk apa ýah kalo di sini g ada tuh rangkaian gitu bedanya z.24 sama tip (warna kuning)pd skema. Tq
Back to top Go down
Tewel
Makin betah


Male Jumlah posting : 218
Join date : 2009-07-31
Age : 41
Lokasi : Bekasi

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 9:26 am

Mas Tomy, kalo pasang speaker yang berlawanan arah sebaiknya polaritasnya dibalik tidak ya?
Gambar:
Back to top Go down
tommykwitang
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 594
Join date : 2010-06-19
Lokasi : Jakarta - Indonesia

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 10:17 am

Membalik polaritas speaker jarang dilakukan, karena merusak keaslian karakter reproduksi suara, kadang bisa memperpendek umur speaker. Untuk speaker horn meskipun dipasang saling membelakangi tidak akan saling mempengaruhi. Sedangkan untuk model box, saya belum pernah mencoba dan belum pernah menemukan teori ini. Jadi tidak berani kasih pendapat untuk sesuatu yg tidak yakin.
Back to top Go down
http://www.tomsoundsystem.com/articles
Tewel
Makin betah


Male Jumlah posting : 218
Join date : 2009-07-31
Age : 41
Lokasi : Bekasi

PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Fri Jul 16, 2010 10:23 am

Thank mas Tomy..
Amplinya aja ya yng diturunin R 0.5ohm jadi 0.22ohm, biar gak sering dikerjain..he..he
Back to top Go down
Sponsored content




PostSubject: Re: Perubahan Pada Open Air   Today at 12:57 am

Back to top Go down
 
Perubahan Pada Open Air
View previous topic View next topic Back to top 
Page 3 of 4Go to page : Previous  1, 2, 3, 4  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Power Amplifier-
Jump to: