Solfegio Forum
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- KEYBOARDTRICK artikel -->
<ins class="adsbygoogle"
style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9339001912975180"
data-ad-slot="4538866359"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Statistics
We have 8225 registered users
The newest registered user is andriano setiawan

Our users have posted a total of 81651 messages in 4361 subjects
Share | 
 

 Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2, 3, 4, 5, 6  Next
AuthorMessage
HGpelangi
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 327
Join date: 2009-04-11
Age: 33
Lokasi: Kotabumi, Lampung Utara

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Sat Jun 06, 2009 10:22 pm

hartono wrote:
@pak ihut : betul pak polyurethane itu finishing pak. kalo cat, dempul ataupun tekstur ya saya kira tergantung selera masing-masing pak, kalo saya pake dempul biasa pak, bentuknya bubuk dicampur air, saya suka sama finishing polyurethane soalnya karakternya tebal melindungi dari goresan.

Mas Hartono bisa minta tolong jelasin tentang polyurethane ... Please

Bentuknya gimana... dan belinya di mana... saya tertarik pengen bikin box pake polyurethane... Box sy yang sekarang pake fiber, kasian tukang angkatnya pada gatel2...

Salam
HGpelangi
Back to top Go down
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Mon Jun 08, 2009 9:09 am

@Pak HGpelangi...

waduh pak kalo untuk daerah lampung saya tidak tahu ya.... kalo di lampung ada swalayan ACE, mitra 2000 atau swalayan tempat bahan bangunan, coba saja tanyakan finishing polyurethane, bentuknya sama saja dengan cat pada umumnya hanya saja yang membedakan polyurethane lebih tebal dari finishing biasa....

saya pernah coba-coba bikin box dengan pelapis fiber setelah membuatnya sekujur badan saya gatal semua.... semenjak itu saya trauma pegang2 fiber lagi Razz


Last edited by hartono on Mon Jun 08, 2009 10:26 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 10862
Join date: 2009-04-12
Lokasi: Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Mon Jun 08, 2009 10:22 am

oh gitu yah, apa perlu tambah sub forum mengenai box finishing Very Happy ?
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Mon Jun 08, 2009 10:27 am

Boleh bang momod bagus juga tuh biar tamu yang cari bisa langsung ketemu forumnya...

kalo boleh usul jangan box finishing kalo costum box gimana???
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 10862
Join date: 2009-04-12
Lokasi: Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Mon Jun 08, 2009 10:59 am

waduh hasil splitannya kurang bagus yah Rolling Eyes
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Mon Jun 08, 2009 3:09 pm

Tambahan :

kalo untuk seputaran Jakarta Utara, bisa cari polyurethane di Kelapa Gading nama tokonya Propan alamatnya saya lupa.... udah lama gak kesana lagi... Razz
Back to top Go down
jhonycharl
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 1235
Join date: 2009-04-13
Age: 35
Lokasi: Tangerang - 08128130097

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 12:35 pm

wah info yang bagus neh ,kalau boleh tahu cara pengerjaannya gimana yaa
soalnya saya mau bikin jg neh ,rencana boxnya pake triplex 18 mm trus dilapis catnya deh Razz
Back to top Go down
http://jhonycharl.wordpress.com/
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 1:22 pm

@pak jhonny : sebenarnya sama saja dengan cat pada umumnya hanya saja masalah textur itu kembali kepada kita yang mengerjakan, kalo saya untuk textur yang butiran/kasar/seperti air hujan, pengerjaan pake semprotan nyamuk, karena keluarannya kasar... cuma untuk pemilihan cat, dempul, cat dasar, saya sarankan yang kualitasnya baik, yang cocok untuk kayu....
Back to top Go down
jhonycharl
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 1235
Join date: 2009-04-13
Age: 35
Lokasi: Tangerang - 08128130097

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 1:46 pm

nah justru cat yang semi fiber itu mas seperti apa ya bahannya ,kalau kita lihat mirip dengan kulit jeruk
Back to top Go down
http://jhonycharl.wordpress.com/
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 2:13 pm

iya pak seperti saya bilang kembali kepada teknik menge-cat, teman saya menggunakan cat tembok yang berbentuk bubuk (bukan cair) dicampur dengan air sesuai dengan takaran yang diinginkan (biasanya kental seperti bubur bayi), kemudian semprotkan dengan semprotan yang kasar... atau menggunakan sendok dan di ukir... disini sulitnya mengukir dan mengecat texturnya seperti itu kalo ga biasa jadinya berantakan

ada cara lebih gampang, gunakan dempul dan cat kayu yang mutunya baik semprotkan seperti cat biasa saja, setelah finishing bisa menggunakan teknik semprot dengan semprotan nyamuk atau di ciprat-ciprat .... justru speaker costum di glodok sana yang timbul malah finishinya bukan catnya...
Back to top Go down
jhonycharl
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 1235
Join date: 2009-04-13
Age: 35
Lokasi: Tangerang - 08128130097

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 2:17 pm

wah saya harus banyak belajar neh sama mas hartono ,
saya pengen cara gampangnya aja mas ,kira2 merk catnya apa neh
Back to top Go down
http://jhonycharl.wordpress.com/
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 2:39 pm

jhonycharl wrote:
wah saya harus banyak belajar neh sama mas hartono ,
saya pengen cara gampangnya aja mas ,kira2 merk catnya apa neh

jangan gitu pak jhonny saya disini juga masih belajar merangkak...

waah pak kalo merk saya gak begitu harus... saya menyarankan yang mutunya baik, kuat dan tahan cuaca...

yang saya gunakan dulu..... Cat tepung MIL, bentuk bubuk bisa pake ini kalo mau cara yang pertama...

kalo cara dua bisa cari cat jenis MELAMIN biasanya dijual secara paket (1 set) dengan clearnya... nah untuk texturnya (kulit jeruk) pake polyurethane...
Back to top Go down
jhonycharl
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 1235
Join date: 2009-04-13
Age: 35
Lokasi: Tangerang - 08128130097

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 2:43 pm

wah... ada 3 step lapisa yaaa ,ternyata tidak segampang yang kita bayangkan yaaa ,kalau kita mau beli di glodok paling murah tuh untuk speaker double 1,8 jt / pasang
Back to top Go down
http://jhonycharl.wordpress.com/
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 2:47 pm

iya betul pak 3 lapis... biar sambungan kayu kuat gak pecah kalo udah lama....

betul pak diglodok harganya segitu tapi sayang kayunya masih pake MDF, gak ada yang triplex atau meranti tapi pasti tambah mahal ya Razz
Back to top Go down
jhonycharl
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 1235
Join date: 2009-04-13
Age: 35
Lokasi: Tangerang - 08128130097

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 2:51 pm

iya mas ,saya sudah bisa membedakan suara yang dihasilkan oleh triplex dan MDF ,saya lebih condong ke triplex loh
Back to top Go down
http://jhonycharl.wordpress.com/
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 2:52 pm

jhonycharl wrote:
iya mas ,saya sudah bisa membedakan suara yang dihasilkan oleh triplex dan MDF ,saya lebih condong ke triplex loh

setubuh dengan pak jhon eh setuju maksudnya .... Razz
Back to top Go down
Antoni Pasaribu
Admin
Admin


Male Jumlah posting: 3486
Join date: 2009-04-07
Age: 31
Lokasi: Kerinci - Jambi

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 4:26 pm

Top info Mantap
Back to top Go down
http://www.reverbnation.com/solfegio
HGpelangi
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 327
Join date: 2009-04-11
Age: 33
Lokasi: Kotabumi, Lampung Utara

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Wed Jun 10, 2009 10:40 pm

@Mas Jhonny
triplek itu masudnya multiplex, blok tik atau blok board ya....

@Mas Hartono
Bisa gak kasih step by stepnya finishing yang 3 lapis itu mas... please (mode ngemis:ON) Nangis

salam
Back to top Go down
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Thu Jun 11, 2009 11:16 am

@HGpelangi...

bukan finishingnya yang 3 lapis pak tapi 3 lapis pengecatan... kalo mau lebih bagus lagi sebenarnya lebih dari 3 lapis pak Razz dulu waktu masih main motor suka ngecat jadi saya praktikan di box speaker hanya jenis cat dan finishinya berbeda...

pada dasarnya sama saja dengan teknik pengecatan pada umumnya kendaraan, rumah dll., ada beberapa tahap pengecetan... hanya saja yang membedakan jenis cat, dempul, dan finishingnya... saya sarankan gunakan Dempul, cat dan finishing yang kualitasnya bagus, karena harus tahan perubahan suhu, misalkan kalo box speaker kita gunakan siang hari dilapangang sampai malem atau dari cuaca panas tiba-tiba hujan...

yang pertama pendempulan box...
pengecatan box dengan Cat dasar (epoxy)
pengecatan box dengan Cat Utama terserah warna apa yang penting catnya bagus
tahap penyemprotan Clear (finishing pertama)
nah yang terakhir Polyurethane (finishing akhir/tekstur) yang ini terserah mau rata apa kulit jeruk, kalo mau kulit jeruk semprotkan polyurethane dengan semprotan kasar....

pak HGpelangi pernah liat meja atau kursi kayu jati asli biasanya di finishing pake polyurethane, karakternya tebal melindungi tahan gores... makanya biasa dipake furniture mewah...
Back to top Go down
HGpelangi
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 327
Join date: 2009-04-11
Age: 33
Lokasi: Kotabumi, Lampung Utara

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Fri Jun 12, 2009 11:22 am

Thanks beraaat mas Hartono atas informasinya.... selama ini saya mencari cari bahan apa yang dipake pada box2 build up tapi gak nemu2, dan dengaan mas Hartono hal itu bisa terjawab..

sekali lagi Terima kasih mas... metal keyboard

Oh ya mas kalo kerajinan jati di daerah saya biasanya finishingnya pake Plitur, apakah plitur itu sama dengan Polyurethane..
Kalo boleh tahu bahasa Awamnya Polyurethane itu apa ya.. karena di kampung saya sudah saya tanya semua toko yang berkaitan dengan cat.. mereka malah balik nanya "Polyurethane itu apaan"

salam
Back to top Go down
hartono
Solfers Sejati


Male Jumlah posting: 1984
Join date: 2009-04-13
Age: 32
Lokasi: Tg. Priok

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Fri Jun 12, 2009 2:48 pm

Pak HGpelangi... dibaca ini dulu pak siapa tahu ada yang nyangkut....

Poliuretan, yang umumnya disingkat PU, adalah apapun polimer yang terdiri dari sebuah rantai unit organik yang dihubungkan oleh tautan uretana (karbamat). Polimer poliuretan dibentuk oleh pereaksian sebuah monomer yang mengandung setidaknya dua gugus fungsional isosianat dengan monomer lainnya yang mengandung setidaknya dua gugus alkohol dalam kehadiran sebuah katalis. Perumusan poliuretan meliputi kekakuan, kekerasan, serta kepadatan yang amat beragam. Bahan-bahan ini di antaranya adalah:

Busa fleksibel berdensitas (kepadatan) rendah yang digunakan dalam bekleding dan bedding,
Busa kaku berdensitas rendah yang digunakan untuk isolasi termal dan dasboard mobil,
Elastomer padat yang empuk yang digunakan untuk bantalan gel serta penggiling cetakan, dan
Plastik padat yang keras yang digunakan sebagai bagian struktural dan bezel instrumen elektronik.
Poliuretan digunakan secara meluas dalam dudukan busa fleksibel berdaya lenting (daya pegas) tinggi, panel isolator busa yang kaku, segel busa mikroseluler dan gasket, roda dan ban karet yang tahan lama, senyawa pot elektrik, segel dan lem berkinerja tinggi, serat Spandeks, alas karpet, dan bagian plastik yang keras.

Berbagai produk dari poliuretan sering disebut "uretana". Jangan samakan poliuretan dengan substansi uretana yang spesifik, yang juga dikenal sebagai etil karbamat. Poliuretan bukanlah hasil dari dan tidak mengandung etil karbamat.

lengkapnya klik dibawah ini pak...
http://id.wikipedia.org/wiki/Poliuretan
Back to top Go down
HGpelangi
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 327
Join date: 2009-04-11
Age: 33
Lokasi: Kotabumi, Lampung Utara

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Fri Jun 12, 2009 9:48 pm

Thanks beraaat mas Hartono atas informasinya.... Applause Applause
Back to top Go down
jhonycharl
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 1235
Join date: 2009-04-13
Age: 35
Lokasi: Tangerang - 08128130097

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Sat Jun 13, 2009 9:07 am

@HGPelangi

kalau ditempat saya namanya triplex mas... cuma saya biasa menggunakan ketebalannya 18 mm ,ini sangat bagus untuk suara jauh Ampun
Back to top Go down
http://jhonycharl.wordpress.com/
japung
Mulai Betah


Male Jumlah posting: 80
Join date: 2009-05-01
Age: 41
Lokasi: Sidoaarjo Jawa timur

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Sat Jun 13, 2009 12:25 pm

Saya punya pengalaman yg sm dgn menggunakan bahan fiber memang gatal bila serbuknya ke pori2 kita, kemudian dpt masukan dr tukang buat box menggunakan bahan resin yg di finishing spt kulit jeruk.
sdh 2 box yg sy coba hasilnya:

- tidak gatal bila kontak dgn kulit kita
- texture finishing bs di bentuk sesuai keinginan
- daya rekat sangat kuat terhadap bahan dasar ( triplek ).

Kalau tdk salah info prosesnya cairan resin di campur dgn bahan serbuk(lupa namanya) kekentalan spt bubur bayi kemudian semprot atau di rol kasar pada permukaan triplek setelah kering tinggal di cat, kalau permukaan terlalu kasar di amplas dulu.
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting: 10862
Join date: 2009-04-12
Lokasi: Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )   Mon Jun 15, 2009 9:58 am

resin ga bahaya ya (saat basah) ? :cry:
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
 

Costum Box finishing, ( lapisan penutup luar )

View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 6Go to page : 1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum ::  :: -