Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Transistor Jengkolan

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2, 3, 4  Next
AuthorMessage
jhonycharl
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 1234
Join date : 2009-04-13
Age : 37
Lokasi : Tangerang - 08128130097

20090413
PostTransistor Jengkolan

kenapa ya setiap transistor itu beda2 karakter suaranya ,apa seh sebenarnya yang di suplai kedalamnya kok bisa ada yang lembut dan ada yang kasar ,untuk saat ini saya masih kagum dengan kualitas dari transistor peavey 1.3 k (70484200) ,ada yang bisa menjelaskan gak yaa
Back to top Go down
http://jhonycharl.wordpress.com/
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

Transistor Jengkolan :: Comments

Re: Transistor Jengkolan
Post on Mon Apr 13, 2009 4:03 pm  indra_co_maniz
hee.. perasaan sudah pernah dijawab di blog pak jhony Very Happy

"......(dalam hal ini material pembuat komponennya sama, kalau material
komponennya berbeda maka suara yg dihasilkan akan berbeda pula, contoh
: germanium, silicon, gallium arsenide, silicon carbide, dsb. untuk
lebih jelas lihat web dibawah ini)

http://en.wikipedia.org/wiki/Transistor .... dsb"


type transistor sekarang umumnya menggunakan silikon, sedangkan type transistor sebelumnya menggunakan germanium dimana perubahan menjadi silikon diantaranya biaya material pembuatan silikon lebih mudah daripada germanium.
Re: Transistor Jengkolan
Post on Tue Jun 30, 2009 6:37 pm  Petruk
halo mas Mod, saya pernah mengganti tr final power cs 800 dengan mj 15004 ko langsung jebol,ada ga tr penggantinya di pasaran?cos di sini yg ada cuman mj15004 dan mj 15003
Re: Transistor Jengkolan
Post on Wed Jul 01, 2009 11:41 am  indra_co_maniz
ada penggantinya, transistor mexico 70484200 asli peavey kalau ga salah sepasang 350ribu, ada di glodok, atau moderator jhony bisa membantu untuk pengadaan barangnya Smile ..

untuk persamaannya bisa memakai MJ15024/15025 harga sepasang 55 ribu. Wink

cuma beda watt, MJ15024 dan MJ15025 sepasang 250W, sedangkan 7048 sepasang 200Watt, jadi perlu penyesuaian...
Re: Transistor Jengkolan
Post on Wed Jul 01, 2009 2:56 pm  haris
@mas Petruk sebelum ganti tr apaka sudah di cek tengan dan bias curent di circuit drivernya ????

kalo di circuit depannya ga balance drivenya pasti jebol terus walaupun diganti sama yang asli percaya deh.

stres
Re: Transistor Jengkolan
Post on Wed Jul 01, 2009 3:07 pm  indra_co_maniz
nah kalau kondisinya seperti yang dibilang mas haris ceritanya lain lagi deh Smile Very Happy

yang pasti kalau ada bias yg bocor ke CT alamatnya almarhum deh Ngakak
Re: Transistor Jengkolan
Post on Thu Jul 02, 2009 2:00 pm  Petruk
@mas Petruk sebelum ganti tr apaka sudah di cek tengan dan bias curent di circuit drivernya ????

kalo di circuit depannya ga balance drivenya pasti jebol terus walaupun diganti sama yang asli percaya deh.


yupz untuk driver nya sudah normal ko pak haris,sebelum saya pake yang mj 15004 powernya sudah ber operasi tapi memakai tr 2sd 555dan2sb600 nah karena transistor jenis ini tidak ada di pasaran maka saya coba pake yang mj15004 tapi eeeeehhhhhh......malah jebol :|
Re: Transistor Jengkolan
Post on Thu Jul 02, 2009 2:02 pm  indra_co_maniz
2SD555 dan 2SB600 itu predrivernya khan ? Laughing ...
Re: Transistor Jengkolan
Post on Thu Jul 02, 2009 2:12 pm  indra_co_maniz
nambahin baru baca spesifikasi, 2SB dan 2SC itu tegangannya 250Volt kalau MJ 03/04 cuma 140 Volt, jadi keknya bakalan tewas pelan-pelan kalau dipasangin dengan transistor 03/04.. Laughing

mendingan pakai MJ150024/150025, masih dalam kewajaran karena setelah sya baca tegangannya kurang lebih sama Wink
Re: Transistor Jengkolan
Post on Thu Jul 02, 2009 6:59 pm  haris
@mas Petruk : Kalo gitu mas musti tahu juga tegangan kerja PA nya ato teg AC dan arusnya, trus cari spek TR yang sesuai teg dan arusnya

istilah tekniknya tr dengan spek SOA ( Safe Operating Area) nya musti aman

kalo bisa arus dan teg tr nya diatas suplainya... OK coba dulu yaaaa
Re: Transistor Jengkolan
Post on Thu Jul 02, 2009 9:56 pm  indra_co_maniz
haris wrote:
@mas Petruk : Kalo gitu mas musti tahu juga tegangan kerja PA nya ato teg AC dan arusnya, trus cari spek TR yang sesuai teg dan arusnya

istilah tekniknya tr dengan spek SOA ( Safe Operating Area) nya musti aman

kalo bisa arus dan teg tr nya diatas suplainya... OK coba dulu yaaaa

faktor SOAR jarang ada yg paham makanya suka sering jebol mas haris, enaknya langsung kasih persamaan kalau cek Save Operating ARea kasihan matanya baca grafik Very Happy belum faktor temperatur dll , setidaknya cek tegangan dan arus minimal sejenis dengan produk originalnya keknya itu sudah cukup kali yah Wink untuk membantu rekan SF yg kesulitan cari barang, itupun diluar faktor hfe, icbo ice dsb dsb dsb...
Re: Transistor Jengkolan
Post on Fri Jul 03, 2009 12:45 pm  haris
Iya .... ya...ya saya se 7 deh, kalo gitu nanti kita2 yang cariin persamaannya ato yang sedikit di atasnya.

OK mas Petruk jangan bosen ngoprek dan selalu siap dengan resiko. . . .
lama2 kan jadi paham ( hati2 kantooong mas) Mantap
Re: Transistor Jengkolan
Post on Fri Jul 03, 2009 1:06 pm  indra_co_maniz
oke sip Very Happy terima kasih atas masukan mas haris juga..

btw kantong ga penting mas, yg penting itu isi dalam kantong Laughing wkwk..
Re: Transistor Jengkolan
Post on Mon Jul 06, 2009 4:11 pm  Petruk
ok deh gak rugi ko keluar uang berapa pun kalau punya temen temen pinter kayak gini
Re: Transistor Jengkolan
Post on Mon Jul 06, 2009 4:13 pm  indra_co_maniz
gimana mas petruk powernya sdh on line lagi blm ? Wink
Re: Transistor Jengkolan
Post on Sat Jul 11, 2009 9:51 am  Petruk
ok udah mas,cuman yang bingung kalo trnya mati susah cari tr nya,maklum lah nang ndeso.wakakakakakak
Re: Transistor Jengkolan
Post on Sat Jul 11, 2009 9:56 am  indra_co_maniz
gimana suaranya ?, mati lagi ga ? Smile
Re: Transistor Jengkolan
Post on Thu Jul 16, 2009 5:24 pm  kSAN
Mas Indra Q sering rakit Power Ampli, ada pengalaman pernah dapet kit dari Bandung dengan daya 400W rms pada impendasi 4 ohm, menurut speknya, setelah saya rakit saya Final transistornya aslinya pake sanken 4 pasang 2SA1216/2SC2922 yang terkenal itu, tapi karena saya pengen lebih aman saya ganti dengan MJ15003/04 mexico, tegangan supply 80V dan -80V 20A Capasitor 20000uF. Dari pengamatan daya yang dihasilkan cukup gede dan relatip cukup adem heatzinknya tapi suaranya bass kurang mantap (power ampli saya BTL, saya sudah coba dengan berbagai macam box Low longthrow), driver pake Black Magic 15" x2 box dihub paralel, box yang dicoba type w bin 15L design dari ElectroVoice 4025, Front loaded backhorn (orang bilang type keong), dan terkahir pake Front loaded horn port (Gajah). apakah power amplinya berpengaruh ya terhadap lemparan jauh, meedle masih terdengar pada jarak 2km, tapi basnya hilang, klw saya dengar punya temen driver pake BW/RCF box type Port suaranya bisa jauh dan terdengar jelas. mohon pencerahan.

Adapun configurasi sound system adalah
VCD philips
Echo Zoom 2200
Compressor/Limiter Behringer mdx2600
Mixer Alto16L
Cross Over Behringer CX3400
High pake driver horn 2" merk local
Didorong OCL power 300W
Middle pake longthrow box Audax 12", 2speker/box hub serie sebanyak 4 box hub paralell, didorong powe ampli sanken Design Anak Unbra Voltage 63V,-63V spek daya 100W di BTL,
Low pake Black magic 15" Box ElectroVoice
Power LOW pake BTL 2x400W rms rakitan anak Bandung teg 80V, -80V

Demikian dan terima kasih
Re: Transistor Jengkolan
Post on Thu Jul 16, 2009 5:30 pm  kSAN
Apakah bener Speker lokal product Sinar Baja dengan merk ACR, Black Magic, Premier, dll punya vocal length yang hanya cukup untuk dikandang (short throw), kalau pake RCF, BW, Peavey dll ex import suaranya lebih lantang dan bisa jauh
Re: Transistor Jengkolan
Post on Thu Jul 16, 2009 5:51 pm  indra_co_maniz
power blazer bandung sebaiknya memakai sanken atau toshiba sebagaimana tertulis di kit, sebab kalau dipakai mexico maka bias basis yang dibutuhkan jadi ga sama, jadi untuk perbaikan pertama kembalikan dengan sanken 2 pasang saja per sisi.

mengenai bass yang kurang tebal itu karena sistem BTL, dimana sistem BTL membuat power jadi cenderung mid akibat defferendial feedback sistem ganda, jadi kalau mau normal mainlah seperti biasa..

speaker lokal dengan speaker luar punya spesifikasi masing-masing, jadi treatmentnya berbeda, ini berkaitan dengan masalah SPL speaker. rata rata speaker luar memiliki SPL yg cukup tinggi jadi dengan daya yg kecil sdh bisa mendrive sura dengan cukup lantang, beda dengan speaker lokal yang membutuhkan daya yang cukup bedar untuk mendapatkan SPL yang dibutuhkan.

mengenai speaker sebaiknya menggunkan box biasa, box keong mempunyai standar desain tertentu seperti harus inverting dan slap back, jadi back to desain awal speaker menghadap kedepan,.

coba kirimi foto power amp yang ada, jadi pasiennya bisa kelihatan Very Happy
Re: Transistor Jengkolan
Post Today at 2:48 am  Sponsored content
 

Transistor Jengkolan

View previous topic View next topic Back to top 

Page 1 of 4Go to page : 1, 2, 3, 4  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Lain-Lain-
Jump to: