TEKNIK-TEKNIK MENYANYI
Sebelumnya saya minta maaf kepada teman-teman sejawat,bukan maksud saya menggurui….Wkkkk...kkkkk...kkk!
Akan tetapi saya terinpirasi atas pertanyaan teman yang menanyakan “syarat apa yang diperlukan seseorang untuk dapat membentuk TRIO”?. Maka Artikel ini saya tulis……………sekaligus menjadi jawabannya.....
Dan jawabannya saya dapat dari beberapa Blog yang saya baca, juga berdasarkan pengalaman-pengalaman teman yang lama menggeluti profesinya sebagai penyanyi,
Berikut penjelasan yang saya ringkas dan paparkan:
“PADA DASARNYA KALAU MAU JADI PENYANYI ATAU MAU MENYANYI JENIS LAGU APAPUN DENGAN BAIK DAN BENAR, TENTU DIBUTUHKAN LATIHAN YANG SUNGGUH-SUNGGUH DAN DISIPLIN “.
SOLFEGIO :
Latihan kemampuan pendengaran atau ketajaman pendengaran music baik ketepatan ritmik maupun nadanya
Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dalam metode Solfegio antara lain:
1. Sight Reading : Kemampuan untuk membaca Nada
2. Sight singing : Kemampuan untuk menyanyikan
Waktu yang dibutuhkan hingga seseorang mampu menyanyi dengan baik dan benar berbeda beda, tergantung bakat, kesungguhan dan tingkat kesulitan yang harus dilalui. karena tiap jenis lagu atau jenis musik memiliki tingkat kesulitan yang berbeda namun memiliki teknik dasar berlatih menyanyi yang hampir sama.
1. SIFAT NADA ADA 4 (EMPAT) :
- FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.
- DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
- INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
- TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
AMBITUS SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.
2. SUARA MANUSIA DIBAGI 3 (TIGA) :
Suara Wanita Dewasa ;
- Sopran (suara tinggi wanita)
- Messo Sopran (suara sedang wanita)
- Alto (suara rendah wanita)
Suara Pria Dewasa :
- Tenor (suara tinggi pria)
- Bariton (suara sedang pria)
- Bas (suara rendah pria)
Suara Anak-anak :
- Tinggi
- Rendah.
Ketika bernyanyi ada empat (4) indera pada manusia yang bekerja secara bersamaan :
a. MULUT : dengan alat alat didalamnya yang membantu menghasilkan suara/bunyi.
b. TELINGA : untuk mendengar nada dan suara yang dihasilkan.
c. MATA : membaca teks lagu + kontak dengan penonton.
d. RASA : pengungkapan isi lagu yang dibawakan.
Adapun Teknik dasar menyanyi yaitu :
1. latihan breath control (pernafasan)
Ini adalah bagian utama dan terpenting dalam sebuah latihan vocal. Kalian tahu kenapa..? Karena nafas adalah penggerak utama dari suara. Kuatnya nafas dapat menimbulkan dan menciptakan getaran sebagai sumber dari pada “ Bunyi “. Dan nafas juga sebagai Vitamin yang paling ampuh untuk menyehatkan suara. Makanya pernafasan harus dilatih dengan baik dan teliti.
Dalam bernyanyi, kita mengenal 3 ( tiga ) jenis pernafasan. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri.
1. Pernafasan Bahu
Yaitu pada saat mengambil / menarik nafas, dilakukan dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini tidak begitu baik, karena nafas yang dihasilkan dangkal dan mengakibatkan kalimat jadi terputus-putus.
2. Pernafasan Dada
Yaitu dengan membusungkan dada pada saat menarik nafas untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini juga tidak begitu baik, karena jadi terkesan cepat lelah dan akibatnya suara jadi tidak stabil dan terputus-putus.
3. Pernapasan Diafragma
Lazim kita sebut dengan pernafasan rongga perut. Yaitu menarik / mengambil nafas untuk mengisi paru-paru dengan mengembangkan rongga perut atau diafragma, serta mengembangkan tulang rusuk. Cara inilah yang terbaik yang dilakukan untuk bernyanyi, karena akan menghasilkan nafas yang panjang, ringan, santai dan produksi suara lebih bermutu.
Dengan pernafasan diafargma penyanyi dapat leluasa dalam berekspresi karena tidak ada tekanan dan desakan dalam pernafasan.
2.artikulasi (pengucapan)
Proses terbentuknya suara adalah :
NAFAS, udara yang telah disiapkan seperti pada artikel sebelumya di hembuskan atau dikeluarkan dengan ringan dan santaidan teratur melewati kerongkongan . Kemudian disana nafas akan membentur pita suara dan menimbulkan getaran yang ringannamun dalam frekuensi yang besar. Getaran ini kemudian diteruskan ke rongga mulut yang diolah menjadi bunyi dan diperbesar oleh rongga mulut bersama langit-langit lunak, bibir, anak tekak, lidah serta rongga hidung, menjadi bunyi yang jelas meskipun belum berbentuk.
Bagian-bagian didalam rongga mulut termasuk gigi dan langit-langit kerasyang disebut juga dengan “alat-alat artikulasi” akan membentuk suara yang indah tadi menjadi bentuk “Vocal & Konsonan”. Bentuk Vocak & Konsonan ini memang belun sempurna karena beberapa factor , diantaranya termasuk alat-alat artikulasi yang belum terbiasa dan terlatih untuk mengucapkan vocal & konsonan tadi.
Beberapa alat artikulasi yang tadi perlu dilatih secara baik dan benar, supaya bias menghasilkan suara yang indah.
1. Pita Suara
Bagaimana melatihnya agar tidak kaku, sehingga gertaaran yang dihasilkannya tidak tersendat sendat.
Dengan nada : 1 2 3 4 I 5 4 3 2 I 1 2 3 4 I 5 4 3 2 I 1
Bunyikan dengan nananananana dan mama dari kunci C / Cis / D /Dis.
Dengan nada dasar c / B / Bes / A & As, bunyikan nada :
5 4 3 2 I 1 2 3 4 I 5 4 3 2 I 1 2 3 4 I 5 . . .
Nyanyikan dengan : nononononono dan yoyoyoyoyoyoyoyo
Dengan nada dasar G / A / B / C / D bunyikan staccato :
10 30 50 I 10 50 30 I 10 30 50 I 10 50 30 I 1 . . .
Nyanyikan : na na na na na dan ma ma ma ma
2. Bibir
Bibir atas dan bawah harus lentur pada saat membentuk suara, tidak kaku atau kejang. Bibir ini dapat dilatih dengan mengucapkan huruf huruf umlaud atau dipotong yaitu :
ui ui ui ui ui ui dan oe oe oe oe oe oe dengan satu nada yang ditahan beberapa saat
atau :
membunyikan : mmmmmooooo - mmmmmoooo - mmmmooooo
dengan ringan dan rasakan bagian bagian luar dari bibir itu berbentuk orong atau terompet
3. Rahang Bawah
Rahang kita yang kaku itu ibaratkan engsel yang sudak tidak aktif. Hal ini mengganggu keindahan suara, dan cara melatihnya adalah dengan :
Membunyikan secara berulang ulang hingga lancar :
12 34 54 32 I 12 34 54 32 I 12 34 54 32 I 1 . . .
mi mi mi mi mi - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
ya ya ya ya ya - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
wa wa wa wa wa - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
4. Lidah
Lidah yang kaku atau tidak luwes itu juga dapat menghambat atau mengganggu keutuhan suara. Untuk melatihnya dapat dilakukan dengan :
- Membunyikan : aaaaaaaa - - - dengan ujung lidah membentuk lingkaran kecil di dalam mulut , - kemudidan gerakkan lidah kekanan dan kekiri dengan cepat.
- Membunyikan : ru ro ra - - pli plo pla , la la la berulang ulang dan semakin cepat namun harus bener pengucapannya.
- Juga dapat dilakukan dengan bersiul ria dan merasakan ujung lidah menyentuh belakang gigi bawah.
Yang perlu diperhatikan pada saat latihan ini adalah :
a. Posisi jakun harus tetap berasa di bawah atau pada posisi rendah.
b. Tenggorokan dan rongga mulutselalu pada posisi seperti sedang menguap
c. Rasakan juga bahwa semua suara yang keluar dari mulut melintas dikedua mata dan berbunyi di ubun ubun
3.Latihan Pitch Control/Intonasi (pengenalan bunyi/ketepatan membunyikan nada biar tidak fals ketika menyanyi)
Syarat-syarat terbentuknya Intonasi (Pitch Control)yang baik :
- Pendengaran yang baik
- Kontrol pernafasan
- Rasa musikal.
4. latihan phrasing (aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku)
5. latihan menguasai tempo (cepat atau lambatnya sebuah lagu)
TANDA TEMPO CEPAT :
1. Allegro : cepat
2. Allegratto : agak cepat
3. Allegrissimo : lebih cepat
4. Presto : cepat sekali
5. Presstissimo : secepat-cepatnya
6. Vivase : cepat dan girang
ii. TANDA TEMPO SEDANG :
1. Moderato : sedang
2. Allegro moderato : cepatnya sedang
3. Andante : perlahan-lahan
4. Andantino : kurang cepatmanokwari
iii. TANDA TEMPO LAMBAT :
1. Largo : lambat
2. Largissimo : lebih lambat
3. Largeto : agak lambat
4. Adagio : sangat lambat penuh perasaan
5. Grave : sangat lambat sedih
6. Lento : sangat lambat berhubung-hubungan.
6. Latihan menguasai Dinamika (keras lembutnya suara yg dihasilkan)
Perubahan tanda dinamika :
- Diminuendo (dim) : melembut
- Perdendosi : melembut sampai hilang
- Smorzzande : sedikit demi sedikit hilang
- Calando : mengurangi keras
- Poco a poco : sedikit demi sedikit / lambat laun
- Cresscendo : berangsur-angsur keras
- Decrsescendo : berangsur-angsur lembut
7. Latihan menguasai Rithme (mengetahui nilai nada atau ketukan/irama lagu)
8. Mengetahui kecocokan warna suara (Timbre)seseorang dengan jenis lagu yg dibawakansesuai jenis aliran musik yg akan ditekuni.
9. Latihan Mengekpesikan isi dari sebuah lagu (penjiwaan isi lagu ).
Sikap Badan : adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
Vibrato adalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
Untuk jenis jenis lagu-lagu tertentu ada latihan khusus yang ditambahkan yaitu :
1. Latihan teknik Cengkok untuk menyanyi lagu-lagu dangdut dan keroncong
2. Latihan teknik Youdle & teknik suara sengau untuk menyanyi lagu-lagu Country
3. Latihan teknik suara yang seakan-akan berteriak & growl untuk menyanyi lagu2 rock, hard rock atau heavy metal.
4. Latihan vibrasi dan latihan mengeluarkan suara asli pada nada tinggi untuk menyanyi lagu-lagu seriosa. (dlm seriosa untuk nada tinggi tdk diperbolehkan menggunakan suara falsseto)
5. Latihan teknik suara falsseto (pada nada tinggi mengeluarkan suara palsu) untuk menyanyi pop atau jazz.
Demikianlah saya tuliskan,Walaupun sederhana gak selengkap yang kita inginkan sekiranya dapat bermanfaat untuk mutu Blog SolfegioForum ini,Semoga bermanfaat buat kita…….
--------------------------------
Salam
Nicholas JNR
Pasarma Musik Medan