Gini mas Ant On. Saya dapat style pelog 6 (sering jg di style Plg mantos). Alhamdulilah dgn style ini ak dpt memainkan dgn lumayan bagus, cuma memang harus pakai bass inv. yang saya mainkan fingernya cuma beberapa cord, contoh : 1. Jika bas jatuh pada D = D-F-Bb ( Cordnya tetap pd Bbes) 2. Jika bas jatuh pada F = F-A-D# ( ini cord apa F7 yach) 3. Jika bas jatuh pada A = A-D#-F (cord sama diatas) 4. Jika bas jatuh pada D#= D#-F-Bb. ini munngkin yang saya gunakan untuk : 1 Nyidam sari,wuyung,resepsi dll
Kalau pada pelog barang:
1. 1. Jika bas jatuh pada f = F-A-C ( Cordnya tetap pd F) 2. Jika bas jatuh pada C = C-F-A ( Ttp pd F) 3. Jika bas jatuh pada A = A-F-C (cord sama diatas) 4. Jika bas jatuh pada Bb= Bb-C-E (cord apalagi ini) 5. Jika bas jatuh pada E = E-Bb-C ( cord sama) Yang saya gunakan pada lagu Dadi Ati ( versi Sangga Buana )
Ini pengalaman saya, mohon dikoreksi, karena keterbatasan pengetahuan sy. Para SF yang terhormat, bisa meluruskan jika banyak yang kurang tepat.
Nah, kalau yang pelog 1, ini masih mawut banget,hee...heee..heee??? contoh pada langgam 1. sido asih 2. mendhem roso 3. meh Rahino 4. kadhung tresno dll dll
Ketika masuk pada nada 4 ( mestinya cord Gm ), pas finger Gm , waduuuuuuh, denger aja dikuping kriting. gak sinkron sama sekali. Untuk yang ini ( pelog 1) dah pusing banget, gak ketemu-ketemu. Tolong mas SF bantu saya mencerahkan untuk cord pelog 1. biar kuping saya ndak kriting. dan yang denger dapat meresapi hingga merasa damai. Makasih banget.
yonasafen Mulai Betah
Jumlah posting : 28 Join date : 2010-06-11 Lokasi : Ds Padas Kec BUngkal Ponorogo
pak ada masukan sedikit tentang lagu tersebut ,kalau kb roland kan cuma ada 3 bagian yg bisa terpisah mayor,minor dan mayor7,,,simpel saja ni jawabnya gak biasa pake hp nih ,sebaiknya untuk lagu yang ada not 4 dan 7 pelog harus di buat style jadi kayaknya tetap gak bisa di cord hasilnya bisa lihat di video saya di bagian sub video clowor maaf g bs kasih karena pake hape mungkin ini dulu pak mudah mudahan bisa membantu
yonasafen Mulai Betah
Jumlah posting : 28 Join date : 2010-06-11 Lokasi : Ds Padas Kec BUngkal Ponorogo
ok mas,tengkyu banget. apa mungkin sama dengan di korg ya???
yonasafen Mulai Betah
Jumlah posting : 28 Join date : 2010-06-11 Lokasi : Ds Padas Kec BUngkal Ponorogo
Subject: Re: Pelog Slendro Orjen Tunggal Sun Jul 25, 2010 2:49 am
Kepada teman teman SOLFERS, mohon bantuan yan punya style gending2 jawa versi Sangga Buana. Klu ada yg punya, minta, klu gak boleh minta beli jg gak papa, tankyu.
Ant On Baruna Admin
Jumlah posting : 546 Join date : 2009-07-31 Age : 44 Lokasi : Kedunggalar, Ngawi, JAWA TIMUR.
Subject: Re: Pelog Slendro Orjen Tunggal Sat Jul 31, 2010 5:02 am
Seandainya saya punya(buatan sendiri)... pasti saya kasih Mas Yon...
Ant On Baruna Admin
Jumlah posting : 546 Join date : 2009-07-31 Age : 44 Lokasi : Kedunggalar, Ngawi, JAWA TIMUR.
Subject: Re: Pelog Slendro Orjen Tunggal Sat Jul 31, 2010 5:09 am
Eko_B_Clowor wrote:
pak ada masukan sedikit tentang lagu tersebut ,kalau kb roland kan cuma ada 3 bagian yg bisa terpisah mayor,minor dan mayor7,,,simpel saja ni jawabnya gak biasa pake hp nih ,sebaiknya untuk lagu yang ada not 4 dan 7 pelog harus di buat style jadi kayaknya tetap gak bisa di cord hasilnya bisa lihat di video saya di bagian sub video clowor maaf g bs kasih karena pake hape mungkin ini dulu pak mudah mudahan bisa membantu
Kalo Mas Clowor main pelog/slendro di yamaha bagaimana mas... bisa dikasih bisikan biar kita2 juga tahu...
Eko_B_Clowor Moderator
Jumlah posting : 285 Join date : 2009-05-23 Age : 46 Lokasi : temanggung
Subject: Re: Pelog Slendro Orjen Tunggal Tue Aug 17, 2010 3:31 am
Kalau langgam jawa saya lihat dulu penyanyi bawaan sendiri saya main style jadi/style yang sudah berjalan kalau orang nyumbang pakai style std . kalau gending slendo/pentatonis kadang saya menggunakan SCALE maaf kalau salah tulisanya tone biar kayak asli gamelan misalkan jineman Glatik glinding......
Last edited by Eko_B_Clowor on Wed Aug 18, 2010 12:01 am; edited 1 time in total
Ant On Baruna Admin
Jumlah posting : 546 Join date : 2009-07-31 Age : 44 Lokasi : Kedunggalar, Ngawi, JAWA TIMUR.
Subject: Re: Pelog Slendro Orjen Tunggal Tue Aug 17, 2010 5:03 am
Eko_B_Clowor wrote:
Kalau langgam jawa saya lihat dulu penyanyi bawaan sendiri saya main style jadi/style yang sudah berjalan kalau orang nyumbang pakai style std .
Style std-nya Mas MOMOD yg gimana ni... pake akord ato pake style control kayak yg saya post di atas...?
Eko_B_Clowor wrote:
kalau gending slendo/pentatonis kadang saya menggunakan SQUEL maaf kalau salah tulisanya tone biar kayak asli gamelan misalkan jineman Glatik glinding......
Yg bagaimana ini Mas MOMOD... maaf, mohon pencerahannya...
Eko_B_Clowor Moderator
Jumlah posting : 285 Join date : 2009-05-23 Age : 46 Lokasi : temanggung
Subject: Re: Pelog Slendro Orjen Tunggal Wed Aug 18, 2010 12:56 am
Mas Anton style std untuk langgam jawa mungkin sama punya teman2 pake FIXED & BYPPAS main A,,B,C,D.Kb Psr..16 bar...yang di maksud style control yang bagaimana mas ...
bemain SCALE upama Slendro 5 tangga nada di sesuaikan tone sesuai gamelan tersebut maaf saya kurang bisa untuk merangkai dengan kata2 ini saya kasih contoh saja video teman saya
SCALE SLENDRO
Ant On Baruna Admin
Jumlah posting : 546 Join date : 2009-07-31 Age : 44 Lokasi : Kedunggalar, Ngawi, JAWA TIMUR.
Subject: Re: Pelog Slendro Orjen Tunggal Wed Aug 18, 2010 1:05 am
Eko_B_Clowor wrote:
Mas Anton style std untuk langgam jawa mungkin sama punya teman2 pake FIXED & BYPPAS main A,,B,C,D.Kb Psr..16 bar...yang di maksud style control yang bagaimana mas ...
Intro,Main,Ending---> saya menyebutnya Style Control... gak tau istilah seharusnya... misalnya aja 6 = Main A, 1=Main B, 3=Main C, 2=Intro I dst... di PA50 saya bikin seperti itu.
Eko_B_Clowor wrote:
bemain SCALE upama Slendro 5 tangga nada di sesuaikan tone sesuai gamelan tersebut maaf saya kurang bisa untuk merangkai dengan kata2 ini saya kasih contoh saja video teman saya
Terimakasih... coba saya DL dah..
mbah pulung Mulai Betah
Jumlah posting : 59 Join date : 2010-07-20 Age : 33 Lokasi : Boja, Kendal
nambahin ah.. kalo di yamaha style standart memanfaatkan fitur bypass beberapa part acc,,yang tidak di bypass biasanya cuma bass dan satu acc (saya gak tau nama instrumennya... ) jadi misalnya kalau bass mau "jatuh" di nada D ya tinggal pencet chord D, G# ya G#,,dst..sedangkan acc yang di by pass tidak akan terpengaruh dengan perpindahan chord..nada bass tidak bisa variasi (bener g ya istilahnya??) misalkan nada dasar pakai nada dasar A, waktu bass jatuh di A ya hanya A, tidak bisa variasi A-E-A..kalau mau divariasi ya buat style dgn variasi bass kemudian letakkan di style control, seperti topik.
kalau di korg, ada teman saya yang memanfaatkan chord variation..cara memainkan tergantung peletakan CV.. klo ada yang salah mohon dikoreksi..
Ant On Baruna Admin
Jumlah posting : 546 Join date : 2009-07-31 Age : 44 Lokasi : Kedunggalar, Ngawi, JAWA TIMUR.
FIXED n BYPAS . . . oh ya, inget saya. pernah nyoba S910 punya temenku, merasa aneh aja pas memainkan, karena ada instrumen yang gak berubah waktu akordnya dipindah.
CV... yaa.. di PA50 pernah saya bikin pake CV(Cord Variation), tapi mainnya malah jadi ribet...
mbah pulung Mulai Betah
Jumlah posting : 59 Join date : 2010-07-20 Age : 33 Lokasi : Boja, Kendal
kalau dibuat di style control, misalkan untuk ganti irama rangkep gmn mas (korg pa50)?? saya pernah membaca di topik mana lupa klo temponya 130 dan 200, nah,,untuk ganti secara cepat 130 ke 200 bagaimana y??? saya blm pernah pk korg..
Ant On Baruna Admin
Jumlah posting : 546 Join date : 2009-07-31 Age : 44 Lokasi : Kedunggalar, Ngawi, JAWA TIMUR.
Ikut nimbrung ah...... Mudah-mudahanh bermanfaat...
Penggunaan nada pentatonis pada keyboard apapun sebenarnya terlalu memaksa apalagi pada keyboard YAMAHA (saya memakai PSR 1500). Kita semua tahu sampai sekarang belum ditemukan oleh ahli-ahli elektronik indonesia sistem pelarasan pentatonis (Indonesia) diterapkan pada nada-nada diatonis (musik). Nada-nada gamelan jawa yang 'asli' Pelog dan Slendro tidak sama dengan nada-nada diatonis, hanya sebagian nada saja yang hampir mirip. Contoh nada 6 (dibaca 'nem') sama dengan nada Bes, nada 1 (ji) sama dengan nada D. Maksud saya disini, nada boleh hampir mirip tetapi pengaplikasiannya tidak sama dengan Solmisasi (musik).
Lalu campur sari itu bagaimana? Campur sari itu bukan pentatonis tetapi diatonis. Campur sari menggunakan pola sama persis dengan musik dan secara teknis mengimpor pola permainan karawitan. Sebagian orang menganggap campur sari ini merusak 'rasa' karawitan, tetapi saya lebih suka menyebutnya inilah akulturasi modern.
Kembali pada permasalahn keyboard. Style langgam yamaha seperti mas Klowor bilang kebanyakan memang seperti itu. 16 bar dan instrumen2 tertentu di FIXED dan BYPASS. Hal itulah kenapa saya bilang terlalu memaksa. "FIXED n BYPAS . . . oh ya, inget saya. pernah nyoba S910 punya temenku, merasa aneh aja pas memainkan, karena ada instrumen yang gak berubah waktu akordnya dipindah" Setiap lagu kan mempunyai struktur susunan nada yang berbeda-beda.
Itu kenapa Player2 di daerah saya pakai style pelog slendro yang TIDAK MENGGUNAKAN Fixed n Bypass... pada posting2 di atas saya sudah menjelaskannya..bahkan saya sudah sediakan link untuk download contoh mp3 dan contoh stylenya untuk dikoreksi teman2...