banyak servis dan sparepart di glodok mas nurus, saya pengalaman di rangkaian dekat generatornya mati. cari sana sini tukang servis ganset nga ada yg bisa (motamati ) sampai cape sendiri karena masih garansi saya tidak bayar cuma ongkos mobil ja di bilang sama toko klo ganset cara penangananya jgn sembarangan takutnya over volt misal 220v bisa 270v tau gitu dari awal saja saya bawa ke glodok (hanya sekedar referensi saja)
gini mas topan. ada keluhan diesel merk RRT 16pk dipasangkan dengan dinamo 1.5KVA ( 15000 watt ) merk RRT dinamo tersebut "kadang2" gak mau keluar strumnya. baru setelah dikonsletkan mau keluar? mungkin ada yg ngerti masalah dinamo tolongdong apa yg terjadi ini? wajar atau ndak wajar. Ya mungkin kalu troble terus mau g mau ke tukang dinamo yg ngerti rumusnya,
kalok freq respon mah saya pasrah ama pabrikan generator aja,tiap generator kan ada aturan untuk RPM,dan itu udah disesuaikan dengan frekwensinya,kec lilitan sendiri intinya putaran generator tetap standard,tapi putaran diesel dipercepat,jadi gak repot,,,
ya ada toh mas,genset kan terdiri dari 2 komponen utama,generator dan motor bakar,kalok genset jadi biasanya antara generator dan motor itu nyaris tanpa pulley,melainkan poros generator langsung di patenkan dengan flywheel motor,dan Standart putaran motor juga konstan 1500 RPM untuk motor 4 silinder,kalok 1 silinder belom tau,soalnya genset jadi gak ada yg 1 silinder,hehehe
Nnah inilah.. di genset sini cuma ada plat petunjuk, kerja di 220V, 7,5kVA, 2200rpm,50Hz. nah kalau musti ngitung rotari per minut bisa pusing ngikutin putaran pulley atau kalo keluaran dah pas 220v pasti 50 Hz yahh,
wah mas haris sering rakit genset ya? sepengalaman saya di bidang per gensetan,mengenai RPM keliling pulley dsb jarang di perhitungkan,pernah lihat PLTA buatan sendiri gak mas?? disana tidak memperhitungkan frek nya,yg di hitung adalah perbandingan gear nya supaya putaran tinggi bisa tercapai,nanti saya kirim contoh foto PLTA di salah satu kampung saya...
Mon Dec 07, 2009 3:12 pm indra_co_maniz