Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
agussug
Anggota Baru


Male Jumlah posting : 9
Join date : 2010-07-09
Lokasi : Tangerang

20100824
PostBagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri

Selamt Siang,
Mohon informasi bagaiman cara melapisi PCB tembaga buatan sendiri menjadi berwarna putih seperti timah. Dimana membeli bahannya?
Terima kasih Smile
Back to top Go down
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri :: Comments

Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Tue Aug 24, 2010 2:02 pm  dono
bisa pake larutan silver.tinggal di celup 30 menit angkat dah.klo yang lbh murah bisa disolder masking pake timas.ini butuh keahlian biar rapi dan tipis.. Laughing
klo larutan silver beli di toko kimia.saya pernah beli di daerah bandung.
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Tue Aug 24, 2010 2:27 pm  agussug
Nama larutan silvernya apa mas? Di Jakarta ada ga? Thanks
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Tue Aug 24, 2010 2:44 pm  dono
pas saya beli bilang ma enkohnya.beli larutan silver.dikasi satu botol.jadi satu botol itu isinya satu liter.udah segelan.harganya sekitar 125rb.saya beli di jalan klenteng bandung.klo dijakarta coba cari toko kimia yang lumayan gede...
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Tue Aug 24, 2010 2:51 pm  agussug
Setelah diberi larutan tersebut, apakah timah solder bisa lengket ke PCB nya? Terima kasih
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Tue Aug 24, 2010 3:36 pm  dono
bisa pak..kan itu silver.gunanya untuk menghindari oksidasi tembaga aja ko,dan pastinya silver lebih kecil hambatanya.. :bir:
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Wed Aug 25, 2010 8:46 am  gwendy
klu selesai cetak pcb saya bawa ke tukang emas suruh lapisi dengan perak


Uploaded with ImageShack.us
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Wed Aug 25, 2010 9:42 am  yoyomanalagi
dono wrote:
bisa pak..kan itu silver.gunanya untuk menghindari oksidasi tembaga aja ko,dan pastinya silver lebih kecil hambatanya.. :bir:

cara pemakaiannya gimana mas??
apakah dicampur air lagi atau bahan lainnya? atau langsung celup aja...?? confused
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Wed Aug 25, 2010 9:46 am  dono
ga usah di campur air mas yoyo.langsung rendam aja.asalkan permukaan yang mau dilapisi kerendam semua.tunggu 30 menit angkat diangin2kan 10 menit lalu cuci pake air bersih Pcb nya. :bir:
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Wed Aug 25, 2010 6:33 pm  saiku
ide wah mendingan pakek kalender bekas lalu di setrika de
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Wed Aug 25, 2010 10:24 pm  soerdjanto
gwendy wrote:
klu selesai cetak pcb saya bawa ke tukang emas suruh lapisi dengan perak


Uploaded with ImageShack.us
B500nya siap di produksi masal. ide
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Wed Aug 25, 2010 11:33 pm  kloengsoer
kalau coba disepuh emas lebih bagus lagi Laughing
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Thu Aug 26, 2010 12:03 am  bagja81
agussug wrote:
Nama larutan silvernya apa mas? Di Jakarta ada ga? Thanks

Kalo di jakarta biasanya ada di roxy, di tempat yang jual alat reparasi hp, namanya timah cair, kemasan botol plastik. cara pakenya tinggal dilumuri saja di atas PCB selanjutnya PCB di oven.
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post on Thu Aug 26, 2010 4:36 am  indra_co_maniz
di oven ngga meleleh yah kang Laughing
Re: Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri
Post Today at 8:38 pm  Sponsored content
 

Bagaimana Cara Melapisi PCB Buatan Sendiri

View previous topic View next topic Back to top 

Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Sound System :: Lain-Lain-
Jump to: