Solfegio Forum

www.solfegio.com
 
HomeHome  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
SOLFEGIO FORUM TELAH DIPINDAHKAN KE WWW.SOLFEGIO.COM | Silahkan Daftar/Registrasi Ulang
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search



Share | 
 

 recording menggunakan soundcard onboard

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next
AuthorMessage
anggoes
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 52
Join date : 2009-12-05
Lokasi : Balikpapan, Kaltim

PostSubject: recording menggunakan soundcard onboard   Sat Dec 05, 2009 11:15 pm

hallo rekan2 semua....

setelah membaca topik "Recording Pake Adobe Auditions dengan soundcard second 25 ribuan"
saya nyoba recording dengan soundcard onboard dan alat lainnya yg sangat sederhana.
- soundcard onboard (dari mb asus p4pe-x te)
- mic pake electret condensor yg harganya cuma Rp. 1500
- preamp buatan sendiri...
- software cubase sx
- pake driver asio4all (latencynya hanya 13 ms)

hasilnya bisa didengar disini

semoga bermanfaat untuk semua.....

salam... metal
Back to top Go down
Eko_B_Clowor
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 285
Join date : 2009-05-23
Age : 38
Lokasi : temanggung

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Sun Dec 06, 2009 12:29 am

Ijin sedot massss,,,,,
Back to top Go down
http://midistyleyamaha.blogspot.com/
anggoes
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 52
Join date : 2009-12-05
Lokasi : Balikpapan, Kaltim

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Sun Dec 06, 2009 11:20 am

Monggo dicicipi.... mas clowor!!! ditunggu komen nya

Salam..... metal
Back to top Go down
Wisnu
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 1187
Join date : 2009-04-09
Age : 37
Lokasi : Pekalongan kota batik

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Mon Dec 07, 2009 12:35 am

Hasil rekamnya bagus..musik juga Ok niiihhhh...bener2 pake SoundCard onboard ya.. :bravo: Bisa dijelasin dong proses rekaman singkatnya dimana? alat musiknya apa saja? dsb..dsb.. cheers
Back to top Go down
anggoes
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 52
Join date : 2009-12-05
Lokasi : Balikpapan, Kaltim

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Mon Dec 07, 2009 1:16 pm

bener2 pake soundcard onboard mas wisnu, malah komputernya udah 1/2 jadul
masih pentium4 2.8 ram 512 MB !!!!!!!!

Berawal dari recording di studio yg memiliki peralatan canggih dgn tarif per shift 500 ribu
namun hasilnya jauh dari apa yg kami harapkan, akhirnya kami memutuskan untuk memanfaatkan apa yg ada dirumah untuk rekaman, setelah googling kemana2 akhirnya sy dapatkan sedikit ilmu yg mungkin akan bermanfaat untuk rekan2 semua, mari kita berbagi.

alat musik:
- akustik/elektrik gitar ibanez (take: input langsung ke preamp)
- elektrik gitar ibanez + zoom fx (take: gitar->fx->preamp)
- bass gitar fender (take: input langsung ke preamp)
- drum pake vst addictive drum (take: midi drum yamaha->midi input komp.)

alat rekam:
- komputer pentium4 2.8Ghz ram 512MB, soundcard onboard, mb asus p4pe-x/te
- preamp buatan sendiri, circuit diagram nemu dr hasil googling
- mic electret condenser yg kecil spt kancing baju harga Rp. 1500
- DAW Cubase SX + asio4all driver (latencynya cuma 13 ms, bisa lebih kecil lagi dengan menurunkan rasio buffernya...)
- Eq, Comp, Reverb menggunakan free plugin dari Classic Bundle
- Denoiser, Deesser plugin bawaan wavelab

ini gambar sirkuit diagram preamp (membuatnya cuma habis biaya Rp 10.000)



ini gambar mixer rakitan bekas rental studio yg salah satu channel nya sy cabut rangkaiannya dan diganti dgn preamp buatan sendiri outputnya langsung ke line in souncard



ini gambar mic electret condenser Rp. 1500 yg sy bungkus pake pipa paralon



dan ini gambar popshield buatan sendiri, bingkainya dari ram untuk bordir yg kedua sisinya sy tutup dgn kain penutup speaker



begitulah kira2 ceritanya, sekaligus untuk menghilangkan anggapan bahwa "untuk menghasilkan suatu karya yg bagus harus dgn alat yg mahal", semua itu kembali lagi pada SDM nya....
OK... rekan2, jangan takut berkreasi dan berkarya walaupun modal anda pas2an.... , sampai sekarang kami telah merampungkan 1 album (12 lagu) dgn peralatan tersebut.

Semoga ilmu yg saya dapat ini bisa bermanfaat untuk rekan2 semua, yg penting "belajar dan belajar terus jangan ada kata menyerah ok....."



Salam..... bye
Back to top Go down
Ruly
Udah bintang 3 lho


Male Jumlah posting : 293
Join date : 2009-06-26
Age : 38
Lokasi : Bandung

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Tue Dec 08, 2009 11:15 am

Salam kenal Mas Anggoes, thanks utk share nya. Menarik nich..proses tracking nya pake sample bit rate berapa Mas ? Tks.
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Tue Dec 08, 2009 11:39 am

Quote :
sekarang kami telah merampungkan 1 album (12 lagu) dgn peralatan tersebut

bisa share 1 lagu (misal bagian intronya jadi bytenya kecil)
agar rekan-rekan bisa mendengar hasil recordingnya Smile trim's...
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
bjO
Ngejar Bintang 5


Male Jumlah posting : 963
Join date : 2009-11-08
Lokasi : surakarta

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Tue Dec 08, 2009 12:51 pm

@indra : link yang atas itu satu lagu (3,8Mb)..

@angoes: take nya berapa chanel bang? kemudian keluaran midi drumnya mixed atau multi chanel(belum pernah make sih.
Back to top Go down
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Tue Dec 08, 2009 1:21 pm

ijin donlot Ampun


Last edited by indra_co_maniz on Tue Dec 08, 2009 1:38 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
indra_co_maniz
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 10861
Join date : 2009-04-12
Lokasi : Tangerang - Jakarta,

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Tue Dec 08, 2009 1:36 pm

selesai donlot,...

hasil oke peace untuk kelebaran dan kerapihan menggunakan on-board mantap..

untuk masukannya high frekuensinya bisa diperlebar penyebarannya s.d 20kHz jadi cymbal ga jatuh di 6 kHz atau 8kHz ( jadi kasar ) umumnya ada di 10kHz kadang di 12khz.

untuk kerendahannya sampai 20 Hz sudah cocok...
kalau frekuensi atasnya sudah dirapihin kasih kabar yah, mau donlot lagi lagunya enak juga...
Back to top Go down
http://solfegio.indonesianforum.net/art-of-sound-system-f50/
anggoes
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 52
Join date : 2009-12-05
Lokasi : Balikpapan, Kaltim

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Tue Dec 08, 2009 3:35 pm

@Ruly : take, mixing, mastering pake sample rate 48 khz bitrate 24 bit, udah jadi baru di convert lagi ke 44 khz 16 bit.

@bjO : total seluruhnya ada 18 track, untuk drum saya pake 1 track midi aja, kemudian di midi controlnya E-drum yamaha saya set masing2 instrument drumnya ke path addictive drum, mis: kick=C1 dsb, dsb... mungkin ada ide yg lain???, pattern midinya dilukis langsung juga bisa, sy pernah nyoba, cuma cape ngatur velocity nya supaya kedengaran humanise.....

@indra : thanks berat atas masukannya, ntar sy coba revisi..... , klo udah selesai langsung sy upload.

untuk rekan2 yg lain yg mungkin koneksi internetnya kurang bagus, ini sy upload potongan lagu lainnya cuma 768 kb

Pupus (sample)

ini lagu yg utuh :

Pupus

lagu lainnya yg lebih menonjolkan grand piano :

Suatu Yang Tak Pasti (piano version)



salam..... bye
Back to top Go down
hadisudanto
Udah bintang 3 lho


Male Jumlah posting : 432
Join date : 2009-06-12
Age : 40
Lokasi : Kotafajar Aceh Selatan

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Tue Dec 08, 2009 6:11 pm

asik banget lagu nya... dah profesional banget nih mainnya, tapi kreatifitas nya itu yg paling mantap Ampun
equipment tu adalah pendukung... saling menunjang, sipp.. trus berkarya
salam buat rekan2 Mantap
Back to top Go down
janrysinaga
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 35
Join date : 2009-10-14
Age : 39
Lokasi : Medan

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Wed Dec 09, 2009 2:46 am

@anggoes: saya uda download contoh lagu yg piano, trus didengerin, tapi di laptop...menurut saya kualitasnya lumayan bagus (apalagi dengan menggunakan SC onboard)
mungkin kalau didengerin dengan perangkat hi fi baru ketauan pake SC onboard (tapi belum saya coba sih, soalnya uda malem, nanti tetangga pada bangun heheheehe...)
Tapi sejauh ini bagus kok...nice job...
Back to top Go down
Antoni Pasaribu
Admin
Admin


Male Jumlah posting : 3483
Join date : 2009-04-07
Age : 33
Lokasi : Kerinci - Jambi

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Wed Dec 09, 2009 2:55 am

hahahahaha dulu saya pernah pake 4 pcs mic begitu untuk rekam live paduan suara Very Happy Very Happy Very Happy

dan waktu zaman cakewalk home studio, saya dah pernah juga bikin2 rekaman seperti pak Anggoes lakukan, tapi menggunakan pIII, soundcard sblive 1024, mic (ga jelas merknya Very Happy ), preamp rakitan bapak saya Mantap
dan sistem itulah yg dulu saya gunakan untuk bikin lagu2 gereja keyboard

terima kasih sharingnya, pak. Mantap
ntar kl koneksi internet lagi bagus, saya download Ampun Bego
Back to top Go down
http://www.reverbnation.com/solfegio
anggoes
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 52
Join date : 2009-12-05
Lokasi : Balikpapan, Kaltim

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Wed Dec 09, 2009 10:40 am

@janrysinaga : lagu yg piano itu take grand pianonya pake laptop mas dan masih sc onboard laptop, preamp dan mic tetap pake yg diatas, karena kami tdk punya grand piano terpaksa recordingnya boyongan ke salah satu hotel tempat main anak2 band yg sy bina, take pake 2 mic L & R, awalnya agak puyeng karena akustik ruangannya tidak mendukung sehingga fx gema dari ruangan ikutan kerekam, googling lagi dan nemu tips&trick membuat dinding disekeliling grand piano dgn jarak dr piano sekitar 1 mt, dibuat dgn kardus bekas kulkas hasil mulung dari toko2 dan dilapisi tempat telur dari pasar (apa namanya tuh? kl orang sini bilang "kerak telor"), semuanya serba minim mas.... , mungkin disini kita bisa belajar "bagaimana untuk mendapatkan hasil maksimal dengan biaya yg minimal".......

@admin : wah jadi ada teman nih.... ,bagi pengalamannya dong biar rekan2 yg lain yg modalnya pas2an bisa berkreasi & berkarya tanpa harus memikirkan biaya yg besar. karena kalo keburu mikirin biaya... keburu hilang tuh ide2 kreatif yg ada dikepala (keburu puyeng duluan sih).....

the key is : good player, good singer & materi lagu yg bagus tentunya, selain sound enginer & music director yg experienced..... setuju??????........... :bir:


salam.... bye
Back to top Go down
VW music
Solfers Sejati


Male Jumlah posting : 1044
Join date : 2009-04-12
Age : 52
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Wed Dec 30, 2009 10:43 pm

Angkat jempol.... memang seharusnya 'don't just the book by its cover'

Sayang nya masyarakat kita justru melihat kover (=merk keyb) nya dulu.. ini berlaku di dunia keyb seperti yg saya post di bbrp topik.
Back to top Go down
http://www.harodilia.com/index_prima.html
HGpelangi
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 327
Join date : 2009-04-11
Age : 35
Lokasi : Kotabumi, Lampung Utara

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Thu Dec 31, 2009 3:22 pm

Soundcard Onboard dengan hasil seperti itu.... hmmm,.. benar2 Keren.. :bravo:
Back to top Go down
IPGD
Mulai Betah


Male Jumlah posting : 37
Join date : 2009-08-13
Age : 33
Lokasi : Denpasar

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Wed Jan 06, 2010 9:55 pm

kalau udah professional memang lain yach ....
duhhhh ajarin donk omsss
eh nggak boleh oms yach
ajarin donk mas
Back to top Go down
iloveubgt
Anggota Baru


Male Jumlah posting : 2
Join date : 2010-01-13

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Wed Jan 13, 2010 6:31 pm

Om Anggoes, Bisa minta di kirmin semua software yang di pakai untuk record, mixing dan masteringnya gak?
saya sedang belajar juga..
saat ini saya pake software Cool edit pro untuk Record, dan FrutyLopps untuk nambah Instrumentnya..
Udah banyak Ide nih, tapi hanya peralatan aja yang kurang mendukung..
kalo mau record di studio terkendala waktu dan biaya..
Lagi pengen Beli Creative ProdiKeys Keyboard PC MIDI. di jakarta daerah mana yah...?? Coz pernah liat di pameran JEC jogja doang..
Mohon bantuannya.. Trimakasih..

Hendra
YM : iloveubgt@yahoo.co.id
Skype : d.y.e.r.a
Back to top Go down
Antoni Pasaribu
Admin
Admin


Male Jumlah posting : 3483
Join date : 2009-04-07
Age : 33
Lokasi : Kerinci - Jambi

PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Wed Jan 13, 2010 8:11 pm

@HENDRA (a.k.a ILOVEBGT)
sebelum mengikuti diskusi,
Silahkan memperkenalkan diri terlebih dahulu, klik PERKENALAN.
segera update profil & foto avatar Anda, klik : Petunjuk Cara Update Profil & Avatar

Terima Kasih
Back to top Go down
http://www.reverbnation.com/solfegio
Sponsored content




PostSubject: Re: recording menggunakan soundcard onboard   Today at 3:01 pm

Back to top Go down
 
recording menggunakan soundcard onboard
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 10Go to page : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Solfegio Forum :: Diskusi Umum :: Musik Digital-
Jump to: